Pemerintah DIY Siapkan Acara Syukuran Pelantikan Gubernur

204

KORANBERNAS.ID – Pascapelantikan Gubernur DIY dan Wakil Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Paku Alam X Masa Jabatan 2017-2022, Pemerintah DIY kini sedang menyiapkan acara syukuran.

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Gatot Saptadi kepada wartawan di ruang Humas Pemda DIY Kepatihan, Rabu (11/10/2017) menyatakan, ada banyak agenda syukuran siap digelar.

Tapi agenda paling utama adalah pidato Gubernur DIY di Sidang Paripurna Istimewa DPRD DIY pada 16 Oktober mendatang. “Yang wajib adalah pidato Gubernur di Sidang Paripurna DPRD DIY direncanakan pada 16 Oktober,” ujarnya.

Acara syukuran dikemas beragam oleh unsur pemerintah maupun spontanitas masyarakat. “Spontanitas masyarakat, mangga kita akomodir, cuma bagi waktu jangan sampai tumbuk,” kata Gatot.

Baca Juga :  Jelang Natal, Harga Kebutuhan Pokok Stabil

Dijadwalkan digelar pula tasyakuran atau mujahadah di Puro Pakualaman maupun Keraton Yogyakarta. “Tempatnya bisa di masjid atau Pagelaran Keraton,” kata dia.

Para tokoh lintas agama juga akan mengadakan syukuran. “Kita juga adakan kenduri di Kepatihan pagi hari untuk masyarakat dan malam hari untuk pejabat serta tokoh masyrakat,” tambahnya.

Lima kabupaten/kota se-DIY  dijadwalkan menggelar acara serupa. “Salah satunya yang saya ingat di Nglanggeran. Ini menggambarkan kabupaten/kota juga ikut mangayubagya,” kata dia.

Di akhir acara direncanakan ada pesta kesenian, kemungkinan digelar di keraton. Sedangkan di DPRD DIY usai Sidang Paripurna Istimewa mungkin ada tumpengan, agar eksekutif dan legislatif bisa membaur bersama masyarakat. (sol)

Baca Juga :  Sejumlah Pegawai Pemkab Beruntung Saat Peringatan Hari Kartini