Pemilihan Dimas Diajeng Sleman Digelar Lagi

644

KORANBERNAS.ID — Untuk yang kelima kalinya, Pemilihan Dimas Diajeng Sleman (PPDS) kembali digelar di tahun 2018. Seperti pada pemilihan sebelumnya, persyaratan bagi pendaftar Dimas Diajeng Sleman tidak terbatas bagi warga dengan KTP Sleman saja, melainkan seluruh Warga Negara Indonesia.

“Tidak terpaku pada KTP Sleman saja karena bisa dilihat di DIY pemuda-pemudi dari seluruh Indonesia datang ke Sleman untuk belajar,” kata Adultvine Prita Wijayanti, Dimas Diajeng Sleman 2016 kepada wartawan di Rumah Dinas Bupati Sleman, Selasa (16/01/2018).

Menurut Vivin, panggilan Adultvine yang tergabung dalam Ikatan Dimas Diajeng Sleman ini, syarat lebih lanjut menjadi calon finalis Dimas Diajeng Sleman adalah berusia 17-24 tahun dan lulus SMA/SMK/sederajat.

Selain mendaftar berdasarkan syarat yang tersebut, Vivin menjelaskan, ada cara lain agar pendaftar bisa langsung menuju babak semifinalis.

“Ada program khusus namanya golden ticket. Ini membantu peserta untuk langsung ke tahap wawancara,” ungkap Vivin.

Tiket emas yang hanya berjumlah tiga ini bisa diperoleh dengan cara mengumpulkan berbagai karya seperti poster, infografis, lagu, atau foto dengan tema budaya pariwisata atau potensi Sleman.

Seleksi PPDS 2018 terbilang cukup ketat, mulai dari seleksi tertulis, wawancara, dan unjuk bakat yang tentunya akan menguji pendaftar tentang kepariwisataan, kebudayaan, pengetahuan umum daerah, public speaking, hingga kemampuan bahasa asing.

“Pada tes tertulis 10 Februari nanti akan disaring 60 besar finalis, lalu ke semifinal akan dites wawancara 8 pos, yaitu public speaking, psikologi, paper, kebudayaan, pariwisata, bahasa asing, organisasi, dan unjuk bakat. Selanjutnya disaring menjadi 15 dimas dan 15 diajeng, otomatis ini menjadi finalis yang akan ikut pembekalan dan penobatan,” terang Vivin.

Tak hanya itu, lanjut Vivin para finalis terpilih nantinya akan dibekali dengan berbagai materi dan field program hingga akhirnya siap mengikuti acara puncak, yaitu malam penobatan.

Gali potensi

Kepala Dinas Pariwisata Sleman, Dra Hj Sudarningsih MSi, menyampaikan pembekalan dan program lapangan disiapkan khusus bagi para finalis agar dapat mengembangkan dirinya.

“Dengan ikut Dimas Diajeng Sleman, finalis juga bisa lebih mudah dalam meraih kariernya karena mereka diberi kesempatan untuk menggali potensinya masing-masing,” kata Sudarningsih.

PPDS 2018 membuka dua periode pendaftaran, yang pertama dari 13 Desember 2017 hingga 15 Januari 2016, dan periode kedua pada 15 Januari hingga 7 Februari 2018.

Pendaftar dapat mengisi formulir pendaftaran secara online pada link bit.ly/formPDDS2018 dan mempersiapkan berkas administrasi yang diperlukan. (sol)