Pemkab Sleman Kurangi Belanja Makan dan Minum

100
Musrenbang RKPD 2019 di Hotel Prima SR Jalan Magelang Sleman, Kamis (29/03/2018). (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2019 di Hotel Prima SR Jalan Magelang, Kamis (29/03/2018).

Acara tersebut tujuannya untuk menyempurnakan RKPD menjadi Rancangan Akhir Kerja Perangkat Daerah (RAKPD), salah satu prioritasnya akan mengurangi belanja aparatur serta makan dan minum.

Ada empat prioritas yang ditekankan. Pertama, Pemkab Sleman fokus pada target yang akan dicapai sesuai target sasaran dan program Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Renstra Pejabat Daerah.

Kedua, Pemkab Sleman memprioritaskan kegiatan yang output dan outcome-nya mendukung pencapaian RPJMD dan Renstra Pejabat Daerah.

Ketiga, fokus pada capaian tematik 2019, kemiskinan, daya saing ekonomi lokal dan ketimpangan. Keempat, akan mengefisienkan belanja aparatur, makan-minum dan SPPD.

Baca Juga :  Perajin Tatah Sungging Jadi Petani Kala Pesanan Sepi

Wakil Bupati Sleman Dra Hj Sri Muslimatun MKes berharap peserta musyawarah dapat memberikan masukan RKPD yang telah disusun. Masukan tersebut nantinya dapat memperkaya substansi serta optimalisasi RKPD supaya tepat sasaran.

“Saya harapkan RKPD yang telah disusun Pemerintah Kabupaten Sleman ini selaras dengan RPJMD sampai tahun 2019,” jelasnya.

Dia berharap target-target yang telah ditentukan sebelumnya dapat tercapai. Diperlukan kerja sama dan sinergitas setidaknya dari empat unsur masyarakat.

“Kita butuh partisipasi dari empat pilar, yaitu pemerintah itu sendiri, kemudian dunia usaha, masyarakat dan perguruan tinggi,” kata dia. (sol)