Pemuda Ini Nekat Mencuri Motor Dinas TNI

407
Pelaku pencurian motor dinas milik TNI berhasil ditangkap petugas Kodim 0702/Purbalingga. (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Tidak memiliki uang, membuat pikiran Anto (34) warga RT 07 RW 02 Desa Brobot Kecamatan Bojongsari Purbalingga  ini kalut.

Pemuda pengangguran itu akhirnya nekat mencuri sepeda motor dinas Thunder milik Pelda Jarot anggota Kodim 0702/Purbalingga.

Pelaku  berhasil  diringkus  di rumahnya oleh anggota Unit Intel Kodim 0702/Purbalingga di bawah komando Perwira seksi (Pasi) Intel Kodim Kapten Arm Kasan, Sabtu (10/3/2018) pukul 17:30.

“Sebelumnya, pelaku sempat kabur selama kurang lebih sebulan bersama sepeda motor curiannya itu,” ujar Kapten Arm Kasan.

Pihaknya memperoleh informasi dari masyarakat pada Jumat (09/03/2018) pelaku mengendarai kendaraan dinas milik TNI itu di jalan Kembaran Kulon-Kutasari  Purbalingga.

Menindaklanjuti laporan itu, akhirnya Kapten Arm Kasan bersama anak buahnya melakukan penyelidikan. Sampai akhirnya berhasil meringkus pelaku di rumahnya, tanpa melakukan perlawanan.

Baca Juga :  Diguncang Gempa, Pergelaran Wayang Kulit Bubar

Saat dilakukan penggeledahan di rumahnya,  di kamar tersangka ditemukan sejumlah alat-alat yang diduga digunakan untuk mencuri sepeda motor itu. Di antaranya dua kunci  leter T.

Pihaknya juga menemukan sepeda motor curian yang sebagian sudah diubah warnanya menjadi berwarna merah. “Sepeda motor curian itu disembunyikan di dalam rumah dan tidak dipasangi nomor polisi,” ujarnya.

Pelaku juga mencopoti atribut TNI yang ada di kendaraan tersebut. Ketika ditangkap pelaku mengakui dia ingin memiliki kendaraan.

Karena tidak memiliki uang maka dia nekat mencuri kendaraan milik aparat. Dari hasil penggeledahan pelaku juga diketahui senang mengumpulkan atribut milik TNI.

Beberapa warga Desa Brobot mengakui, selama ini pelaku sering membuat resah warga, karena bertemperamen kasar dan suka marah.

Baca Juga :  Festival Warung Hik Meriahkan Hari Jadi klaten

Dia juga sering menakut-nakuti warga maupun keluarganya dengan senjata tajam. Dan saat dilakukan penggeledahan,  di kamar pelaku juga  beberapa senjata tajam, berupa senapan angin dan puluhan senjata tajam seperti sangkur,  golok, badik dan samurai.

”Kami bersyukur, pelaku  yang  sering membuat resah warga kami, akhirnya diamankan aparat TNI,” ujar beberapa warga Desa Brobot.

Kodim 0702 Purbalingga lalu menyerahkan pelaku ke Polres Purbalingga untuk diproses lebih lanjut.

Kasat Reskrim Polres Purbalingga AKP Tarjono Sapto Nugroho menyatakan benar tentang penangkapan pencuri sepeda motor milik TNI tersebut. Saat ini pelaku ditahan di Mapolres untuk pemeriksaan lebih lanjut. (sol)