Pemungutan Suara Tanpa Antrean Pemilih

101
Suasana pemungutan suara di TPS 007, Desa  Karangtanjung, Kecamatan Alian, Kebumen, sekitar jam 11.45 WIB Rabu (27/06/2018).(Nanang WH/koranbernas.id).

KORANBERNAS.ID–Pemungutan suara Pemilihan Gubernur dan  Wakil Gubernur (Pligub) Jawa Tengah di  Kabupaten  Kebumen, Rabu (27/06/2018) berjalan lancar dan kondusif.  Tidak terlihat antrean panjang  pemilih di sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Panjangnya waktu pemungutan suara, jam 07.00 – 13.00 WIB, serta jumlah pemilih yang tidak besar di setiap TPS, menjadikan  suasana di setiap TPS  terkesan sepi pemilih.

Setidaknya hal  itu terlihat saat koranbernas.id, memantau pelaksanaan Pilgub di beberapa TPS di Kecamatan Kebumen dan Kecamatan  Alian, Kebumen.

Jurnalis koranbernas.id yang menggunakan hak  pilihnya di TPS 007, Desa Jatimulyo, Kecamatan  Alian, Kebumen jam 10.25 WIB, tidak  sampai 5 menit berada di TPS itu. Dari menyerahkan Surat Pemberitahuan Pemungutan Suara kepada Pemilih (C 6 –KWK), menggunakan hak pilih dan selesai menggunakan hak pilihnya. Di ruang tunggu, tidak terlihat pemilih menunggu.

Suasana yang sama disaksikan di TPS 006,  Kelurahan Bumirejo, Kecamatan Kebumen,   Kabupaten Kebumen. Di TPS tempat Wakil Gubernur Jawa Tengah periode 2008 – 2013 Rustriningsih menggunakan hak  pilihnya, Rabu pagi sekitar jam 11.00 WIB, suasananya juga sepi  pemilih.

Saat itu, jumlah pemilih lebih sedikit ketimbang  jumlah anggota  KPPS, saksi 2 pasangan  calon, dan pengawas TPS.

Di TPS 006, Desa Karangtanjung,  Kecamatan Alian, Kebumen pun demikian.  Pemungutan suara di TPS itu memanfaatkan 2 ruang kelas SD Karangtanjung,   jam 11.45 WIB nampak sepi. Tidak terlihat pemilih menunggu.

Terlihat pasangan suami istri yang datang, langsung menggunakan hak pilihnya tanpa menunggu. Di TPS ini jumlah pemilih terdaftar 261 orang.

“Datangnya pating krentil (tidak bersamaan),” ujar Nur Rohman (62) anggota Perlindungan Masyarakat/anggota KPPS 007 Karangtanjung. (SM)