Pencairan Bantuan PKH Gantiwarno Dipusatkan di Desa Jabung

283
Suasana pembayaran bantuan program keluarga harapan (PKH) di Aula Kantor Kepala Desa Jabung Kecamatan Gantiwarno, Senin (19/03/2018). (Masal Gurusinga/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID–Ratusan warga peserta program keluarga harapan (PKH) Kementerian Sosial memenuhi Aula Kantor Kepala Desa Jabung, Kecamatan Gantiwarno, Klaten, Senin (19/03/2018). Mereka datang ke gedung yang bersebelahan dengan Kantor Camat Gantiwarno untuk mencairkan bantuan PKH tahap pertama.

“Saya menerima Rp 500 ribu untuk tahap pertama. Dana ini buat keperluan sekolah anak yang sedang sekolah di SMA Jogonalan,” kata Sulasmi, warga Desa Muruh Gantiwarno.

Sulasmi menceritakan bantuan PKH dicairkan setiap 3 bulan sekali. Dan Senin (19/03/2018) yang dia terima untuk tahap pertama.

Senada diungkapkan keluarga Siyem, peserta PKH Lansia warga Desa Muruh lainnya. Saat ditemui di Aula Kantor Kepala Desa Jabung, dirinya telah menerima bantuan sebesar Rp 500 ribu untuk triwulan pertama

“Mbah Siyem ini adalah seorang lansia. Saya dari pihak keluarga yang menemani beliau datang ke sini untuk mencairkan bantuan PKH. Dana ini akan digunakan buat kebutuhan sehari-hari beliau,” ujar pihak keluarga.

Proses pembayaran PKH di Aula Kantor Kades Jabung berjalan lancar. Petugas pendamping cukup memanggil warga peserta PKH berdasarkan nomor urut. Akan tetapi karena banyaknya warga yang datang membuat petugas harus sabar memanggil dan mempersiapkan uang.

Banyaknya warga yang datang tidak hanya memadati aula. Tidak sedikit pula yang menunggu di parkiran. Pasalnya mereka hanya dimintai tolong untuk mengantar. (SM)