Pencuri Ayam Tertangkap Setelah Duel dengan Pemiliknya

317
Tersangka pencuri ayam diamankan Polsek Bantul, Selasa (25/09/2018). (istimewa)

KORANBERNAS.ID – Duel yang terjadi Selasa (25/09/2018) dini hari sekitar pukul 02:30 mengagetkan warga di sekitar rumah Dalyanto (55) di Dusun Deresan RT 03 Desa Ringinharjo Kecamatan Bantul.

Warga yang juga mendengar teriakan Dalyanto kemudian berdatangan ke lokasi dan melihat sang pemilik sedang berkelahi dengan laki-laki yang diteriaki sebagai pencuri.

Warga kemudian mengamankan laki-laki tersebut berikut sepeda motor serta  ayam milik Dalyanto yang belum sempat dibawa kabur. Warga juga menghubungi aparat Polsek Bantul yang segera datang ke lokasi.

Maling yang belakangan diketahui berinisial Rus (46) warga Kecamatan Bambanglipuro ini diamankan berikut Barang Bukti (BB) kejahatannya serta sepeda motor yang digunakan.

Baca Juga :  Tak Ingin Tambah Anak, Ya Ikut KB

Dalyanto kepada petugas menjelaskan dirinya mendengar suara ayam petok-petok dari kandang miliknya. Dia mengintip dari balik pintu rumah dan melihat ada motor di sebelah utara kandang.

Tidak berselang lama ada laki-laki keluar dari kandang bergegas menuntun motor tersebut lalu pergi. “Saya lalu mengecek kandang dan mendapati dua ekor ayam jago  hilang. Saya keluar untuk mencari yang membawa motor tadi namun sudah tidak ketemu,” kata Dalyanto kepada petugas.

Karena di kandang masih ada ayam lain, tidak menutup kemungkinan maling tersebut kembali. Dia segera bersembunyi. Benar saja sekitar 20 menit maling tersebut datang kembali.

Setelah memastikan pelaku mengambil  lagi ayam jago miliknya, Dalyanto segera memukulkan besi linggis yang sudah disiapkan. Keduanya terlibat duel.

Baca Juga :  Pengendalian Inflasi Perlu Dipelajari, Ini Alasannya

Kapolsek Bantul Kompol Munawar yang dikonformasi mengatakan pelaku dijerat Pasal 365 KUHP tetang pencurian dengan kekerasan.

“Walaupun yang dicuri hanya tiga ayam, karena kejadiannya malam hari jadi kita jerat menggunakan pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan. Akan kita proses  secara hukum,” kata Kompol Munawar. (sol)