Pendamping PKH Emban Misi Putuskan Rantai Kemiskinan

167
Bupati Sleman Drs H Sri Purnomo MSI memberikan pembekalan pada pendampingan PKH di rumah dinas Bupati, Kamis (15/02/2018).

KORANBERNAS.ID — Dinas Sosial Kabupaten Sleman mengerahkan ratusan tenaga pendamping PKH (Program Keluarga Harapan). Mereka siap turun ke lapangan mengemban misi memutuskan rantai kemiskinan.

Sebelum terjun ke masyarakat, Kamis (15/02/2018), para petugas itu dikumpulkan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman untuk menerima pembekalan.

PKH merupakan program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada keluarga miskin dan rentan miskin yang masuk data terpadu program penanganan fakir miskin.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sleman, Sri Murni Rahayu, menjelaskan program PKH dilahirkan untuk menurunkan dan memutus rantai kemiskinan.

Tahun ini Dinas Sosial Sleman menerima 195 orang SDM pelaksana PKH, melalui rekrutmen yang dilaksanakan Kementerian Sosial RI pada Oktober 2017.

Baca Juga :  Pelestari Budaya Peroleh Penghargaan

“SDM pelaksana sebanyak 195 orang, terdiri dari 1 orang koordinator kabupaten, 3 orang supervisor, 9 orang operator, dan 182 pendamping sosial,” jelas Murni.

Pendamping sosial, operator dan supervisor bertugas melakukan sosialisasi, verifikasi kewajiban peserta PKH, validasi dan pemutakhiran kepesertaan.

Mereka juga melakukan pendampingan terkait akses layanan pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan sosial, serta melakukan advokasi terkait program komplementer lainnya.

Bupati Sleman Sri Purnomo menyampaikan Pemerintah Kabupaten Sleman sangat terbantu dengan kehadiran pendamping PKH.

Diharapkan para pendamping bekerja optimal di lokasi penempatan masing-masing, untuk mendampingi rakyat miskin sekaligus belajar menerapkan pengalamannya dalam kehidupan keluarga masing-masing.

“Visi kita untuk menguraikan simpul-simpul kemiskinan, kita upayakan menjadi bagian strategis untuk menurunkan jumlah kemiskinan di Kabupaten Sleman. Instrumennya adalah pendamping sosial ini  yang merupakan bagian dari penggerak untuk mendampingi PKH,” kata Sri Purnomo.

Baca Juga :  Sejumlah 47 Penyuluh Pertanian Jadi PNS

Didampingi Wakil Bupati Sleman, dalam acara itu Sri Purnomo menyerahkan Surat Perintah Tugas kepada perwakilan pendamping sosial di tiap kecamatan. (sol)