Pendidikan Bukan Melulu Soal Kurikulum

184
Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sleman menyelenggarakan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) Goes to School di SMP Negeri 2 Sleman, Kamis (20/09/2018). (istimewa)

KORANBERNAS.ID–Dalam rangka meningkatkan kesadaran pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sleman menyelenggarakan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) Goes to School di SMP Negeri 2 Sleman, Kamis (20/09/2018).

Kepala Kesbangpol Kabupaten Sleman, Heri Dwi Kuryanto mengatakan bahwa acara diikuti oleh 200 pelajar kelas IX. Kegiatan ini juga dilaksanakan dalam rangka meningkatkan rasa nasionalisme dan kebangsaan untuk menjaga keutuhan NKRI.

“Pendidikan bukan hanya hal-hal yang sifatnya pengetahuan yang ada di kurikulum. Kami ingin memberikan sentuhan lain. Sentuhan tersebut kami sesuaikan program kami yaitu menciptakan generasi sadar akan wawasan kebangsaan dengan edukasi untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,” jelas Heri.

Heri mengatakan, melalui kegiatan ini pihaknya ingin bersama-sama sekolah mendampingi dan membekali para siswa dalam perjalanan meniti karir mencapai cita-cita. Untuk mencapainya, siswa harus memiliki kualitas tidak hanya akademik, namun juga perlu dibekali budi pekerti yang luhur.

Baca Juga :  Kekerasan Anak Tinggi, Sleman Percepat Predikat Layak Anak

“Budi pekerti yang luhur jadi bekal menangkal pengaruh luar yang tidak sesuai dengan budaya lokal kita,” ucap Heri.

Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Sleman, Ahmad Nur Triatmo mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh Badan Kesbangpol tersebut.

Menurut Ahmad, ini menjadi kesempatan yang luar biasa bagi pihak sekolah karena sangat berkesan dan terkait dengan visi sekolah yaitu berkualitas nasional, berbasis budi pekerti luhur, dan menjadi contoh sekolah lain.

Dirinya berharap melalui kegiatan yang bertema “Menciptakan Generasi Sadar Akan Wawasan Kebangsaan dengan Edukasi Untuk Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa” tersebut, siswa bisa belajar banyak mengenai wawasan kebangsaan untuk meningkatkan rasa nasionalisme.

Acara Wasbang Goes to School menghadirkan narasumber Dr Guntur MPd (Kaprodi Pendidikan Olahraga UNY) dengan materi “Upaya Pengembangan Bakat Olahraga Generasi Muda untuk Kepentingan Bangsa dan Negara”. Kemudian M Farid A Siregar SKom, (SMYLE Consulting) dengan materi “Membangun Karakter Pelajar yang Berwawasan Kebangsaan” dan Dr Hery Santoso (Pusat Studi Pancasila UGM) dengan materi “Penguatan dan Aktualisasi Pancasila dalam Konteks Generasi Muda Masa Kini”.

Baca Juga :  Mahasiswa Harus Mau Belanja di Pasar Tradisional

Para pelajar sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Terlebih di penghujung acara, pihak penyelenggara juga menghadirkan penyanyi grup Hip Hop Dangdut NDX A.K.A Yonanda Frisna Damara yang memberikan materi “Pembudayaan Wawasan Kebangsaan Melalui Seni” dan ditutup dengan pentas musik. (SM)