Pendidikan Jarak Jauh pun Bisa Berhasil

236
Kepala UPBJJ UT Yogyakarta, Diah Astuti potong tumpeng, Senin (4/9/2017). (tugeg sundjojo/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Siapa bilang hasil terbaik hanya didapat dari belajar dengan sistem tatap muka. Pembelajaran jarak jauh di Universitas Terbuka (UT) pun bisa berhasil.

Kepala Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) UT Yogyakarta, Diah Astuti, Senin (4/9/2017) disela peringatan Dies natalis Universitas Terbuka (UT) ke-33 mengungkapkan, UT menjadi bagian sejarah Republik Indonesia (RI) dalam mencerdaskan putra-putri bangsa, khususnya melalui pendidikan jarak jauh. UT telah berhasil menjadi Perguruan Tinggi (PT) sistem jarak jauh yang berkembang dengan pesat dan maju.

“Hal ini dibuktikan dengan pemerolehan sertifikat iso di seluruh unit baik di upbjj maupun di ut pusat dan icde tingkat internasional,” ungkapnya.

Baca Juga :  Cerita tentang Guru yang Bergaji Rp 150 Ribu

Oleh karena itu Diah mengajak seluruh staf untuk selalu bersyukur atas semua keberhasilan tersebut dan menghimbau agar selalu meningkatkan kinerja terutama dalam melayani mahasiswa. Dengan kecermatan pengelolaan pembelajaran dan administrasi mahasiswa mereka akan memiliki pemahaman yang baik tentang cara belajar di UT secara efektif dan cara merencanakan belajar berdasarkan sistem belajar jarak jauh baik dari sisi akademik maupun administrasi.

“Dengan demikian mahasiswa dapat dengan mudah mengikuti proses belajar di UT dan dapat menyelesaikan studi tepat waktu, serta meraih prestasi akademik yang memuaskan,” ujarnya.

Musiran MPd, koordinator bantuan belajar dan layanan bahan ajar UPBJJ UT Yogyakarta menjelaskan, dalam rangka dies bertem “UT Membangun Karakter Mandiri Bangsa” kali ini, kampus tersebut menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti lomba menyanyi, lomba bermain tenis meja, tari dan pidato Bahasa Inggris. Kegiatan diikuti oleh 380 siswa-siswi SMA dan sederajat di Yogyakarta dan sekitarnya.

Baca Juga :  Rektor Lantik 7 Organisasi Mahasiswa UP45

“Dies kali ini merupakan ajang penggalian prestasi siswa siswi SMA sederajat yang di wadahi UT melalui kegiatan lomba yang bertujuan untuk mengenalkan UT dengan sistem belajar mandiri dan jarak jauh serta kegiatan akademis berbasis IT yang semakin diminati,” imbuhnya.(yve)