Pendidikan Putuskan Mata Rantai Kemiskinan

76
Bupati Sleman, Drs H Sri Purnomo MSI ketika menghadiri Safari Tarawih di Masjid Al-Munir Desa Sendangagung Kecamatan Minggir, Selasa (29/05/2018) malam.(istimewa)

KORANBERNAS.ID–Pendidikan dinilai berperan dalam mengentaskan kemiskinan. Hal tersebut disampaikan Bupati Sleman, Drs H Sri Purnomo MSI dalam kegiatan Safari Tarawih di Masjid Al-Munir Desa Sendangagung Kecamatan Minggir, Selasa (29/05/2018) malam.

“Salah satu yang berperan dalam memutus mata rantai kemiskinan yaitu dengan pendidikan yang memadai. Memaksimalkan pendidikan anak perlu diupayakan,” ujar Sri Purnomo.

Dalam hal ini, Sri Purnomo menjelaska bahwa Pemerintah Kabupaten Sleman berkomitmen untuk membantu pendidikan anak berprestasi dari keluarga yang tidak mampu. Oleh karena itu, Sri Purnomo menghimbau kepada para orangtua terus mendorong anaknya untuk belajar bersungguh-sungguh serta menjauhkan anak dari kegiatan-kegiatan yang tidak bermanfaat.

Menurut data yang dihimpun Pemerintah Kabupaten Sleman, Jumlah KK miskin di wilayah Kecamatan Minggir termasuk kategori tinggi yaitu peringkat ke-2 setelah Seyegan. Maka dari itu, selain pendidikan, sebagai upaya mengentaskan kemiskinan tersebut, Pemkab berupaya tidak mempersulit perizinan usaha bagi masyarakat.

Baca Juga :  Ratusan Ribu Arsip Dimusnahkan

Sri Purnomo menilai dengan adanya beragam potensi di wilayah Kecamatan Minggir, masyarakat mampu menghasilkan produk-produk yang layak dijual dan mampu membantu mengurangi kemiskinan di Kecamatan Minggir.

“Masyarakat harus kreatif, yang penting berani menghasilkan produk yang kreatif dan layak jual. Pemkab akan mendukung serta secara bertahap berupaya untuk merealisasikan program-program yang terintegrasi untuk mengurangi jumlah kemiskinan,” kata Sri Purnomo.

Dalam kesempatan tersebut juga Bupati Sleman menyerahkan secara langsung bantuan partisipasi untuk mendukung program pembangunan Masjid dengan total sebesar Rp 19.890.000 yang terdiri dari bantuan Pemkab Sleman sebesar Rp 5.000.000 secara non tunai, bantuan Baznas Sleman sebesar Rp 4.000.000, bantuan Bank BRI Cabang Sleman sebesar Rp 1.000.000, bantuan Kecamatan Minggir sebesar Rp 2.000.000, bantuan Desa Sendangagung Rp 1.000.000, infak Masjid Rp 3.589.000, bantuan PDAM sebesar Rp 2.000.000, dan bantuan dari RSUD Sleman sebesar Rp 500.000. (yve)

Baca Juga :  Hati-hati Selfi dengan Paslon