Pendidikan Tinggi Didik SDM “Trengginas”

230
Maba UPNVY ikuti upacara di kampus, Senin (14/08/2017. (tugeg sundjojo/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Pendidikan tinggi di Indonesia harus mampu mencetak sumber daya manusia (SDM) yang trengginas (lincah-red). Hal itu penting agar Indonesia mampu bersaing secara global dan berkualitas.

“UPN Yogyakarta akan menyiapkan modal insani yang tidak hanya sekadar sumberdaya, tetapi merupakan investasi insani yang tanggap, tanggon, tangguh dan trengginas dengan dilandasi jiwa disiplin, kejuangan, dan kreativitas dalam menghadapi persaingan global,” papar Rektor UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY), Prof Sari Bahagiarti dalam pembukaan Sidang Terbuka Senat dalam rangka penerimaan mahasiswa baru di kampus setempat, Senin (14/08/2017).

Guru Besar Fakultas Teknologi Mineral itu mengungkapkan, di era globalisasi tantangan bagi dunia pendidikan semakin meningkat. Karenanya mahasiswa baru diharapkan dapat bersiap diri dalam mengikuti proses pembelajaran dengan baik.

Salah satunya aktif di berbagai organisasi. UPNVY memiliki 52 Organisasi Kemahasiswaan dalam mengembangkan sosialisasi dan kemampuan berorganisasi.

“Dengan berorganisasi maka mahasiswa dapat meningkatkan softskill dalam meningkatkan pola pikir, tindakan, dan prestasi,” ujarnya.

Terkait penerimaan mahasiswa baru (PBM) tahun ajaran (TA) 2017/2018 ini, UPNVY menerima 2.342 mahasiswa baru di 26 program studi (prodi). Sekitar 1.090 diantaranya merupakan peserta beasiswa bidikmisi.

“Jumlah peserta beasiswa program bidikmisi sebanyak 263 mahasiswa, yaitu 145 mahasiswa berasal dari jalur SNMPTN dan 118 orang dari jalur sbmptn,” jelasnya.(Tugeg Sundojo/yve)