Penghuni Kos Sulit Menghindar Saat Didatangi Petugas BNN

160
Petugas BNNK Temanggung sidak di tempat kos.

KORANBERNAS.ID — Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Temanggung, Rabu (07/03/2018) pagi, mengadakan inspeksi mendadak (sidak) terhadap para penghuni kos yang berlokasi di daerah Temanggung Kota.

Kepala BNNK Temanggung, AKBP Renny Puspita, mengatakan pihaknya mendatangi tiga lokasi untuk pemetaan wilayah yang diindikasikan ada penyalahgunaan narkoba.

“Tiga lokasi itu meliputi tempat kos di Kelurahan Butuh dan dua lainnya lokasi kos-kosan di lingkungan Gemoh. Di lokasi tersebut sebagian besar penghuninya berasal dari luar Kabupaten Temanggung,” ujarnya.

Sidak kali ini dilaksanakan secara intensif. Mereka pun sulit menghindari dari petugas. “Semuanya akan kami sidak, tempatnya akan diacak tanpa ada konfirmasi terlebih dulu, baik tempat kos ataupun kantor-kantor di Kabupaten Temanggung,” tambahnya.

Sedikitnya diambil 29 sampel, semuanya dengan hasil negatif. “Alhamdulillah Kabupaten Temanggung kita sidak tiga lokasi dan hasilnya negatif semua,” paparnya.

Camat Temanggung, Eko Budi Hartono SH MSi, menyatakan sangat mendukung seluruh kegiatan BNN, akan tetapi jangan lantas tergantung dari BNN saja.

“Mestinya harus ada kerja sama dari stakeholder terkait, untuk sosialisasi ke masyarakat tentang bahaya miras dan narkoba,” tandasnya.

Melalui kerja sama dengan seluruh elemen masyarakat, dia mengimbau para tokoh masyarakat termasuk organisasi-organisasi kemasyarakatan menyampaikan ke warganya tentang bahaya penyalahgunaan narkoba.

“Selama ini kami selalu menyampaikan sosialisasi anti-narkoba, pada setiap acara seperti pengajian atau pertemuan. Kami pun senantiasa menyampaikan pesan-pesan moral dalam rangka pencegahan, agar tidak telanjur masuk dalam penyalahgunaan narkoba,” tandasnya. (sol)