Pengunjung Bisa Bermain Meriam Bumbung

Pasar Ramadan di Candi Banyunibo Dusun Cepit Desa Bokoharjo Sleman

139
Suasana Pasar Ramadan di selatan Situs Ratu Boko,  Komplek Candi Banyunibo Dusun Cepit Desa Bokoharjo Sleman. (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Selama bulan suci Ramadan 1439 Hijriyah, ada pemandangan baru di kompleks Candi Banyunibo, menyusul digelarnya kegiatan Destinasi Digital Pasar Banyunibo.

Ini merupakan program Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. Ada tujuh destinasi digital yang dicanangkan pada 2018 ini, salah satunya Wisata Alam Banyunibo.

Di Pasar Ramadan Banyunibo pengunjung disuguhi berbagai macam kuliner tradisional tempo dulu seperti cenil, naga sari, dan katul beras. Selain itu ada beberapa pertunjukan pentas seni menjelang berbuka puasa.

Pasar yang diadakan selama bulan Ramadan buka pukul 16:00-18.00 tersebut terletak di selatan Situs Ratu Boko, tepatnya di Komplek Candi Banyunibo Dusun Cepit Desa Bokoharjo Sleman. Tempat ini berjarak 40 menit dari Kota Yogyakarta.

Baca Juga :  Pembangunan Taman Air Mancur Tak Selesai

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Bergodo Timur (Komunitas Penggiat Wisata Bokoharjo), Pemerintah Desa Bokoharjo, bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman dan Kementerian Pariwisata.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Dra Hj Sudarningsih MSI, mengapresiasi adanya Pasar Banyunibo tersebut.

Dia berharap kegiatan itu bisa mendorong masyarakat untuk menjadikan Pasar Banyunibo menjadi pasar wisata di Sleman sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar destinasi wisata.

Pengelola Banyunibo, Bayu, juga berharap kegiatan tersebut menjadi magnet untuk menarik pengunjung, sehingga ada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Di Pasar Banyunibo pengunjung juga bisa menikmati secara gratis permainan tradisional seperti engrang, long bumbung atau meriam bambu dan lainnya.

Selain itu, di Pasar Banyunibo juga tersedia tour jeep dengan tarif ekonomis mulai dari Rp 350.000, berkuda, dan juga Jemparingan Mataraman.

Baca Juga :  SAEXPO Dinantikan Para Pelaku Industri

Transaksi di Pasar Banyunibo berbeda. Pengunjung yang akan berbelanja diharuskan menukaran  uangnya dulu di Gubug Lurah Pasar Banyunibo dengan koin Pasar Banyunibo yang berguna sebagai alat transaksi di pasar tersebut. (sol)