Penipuan Bayangi Proyek Pengadaan di Klaten

1259

KORAN BERNAS, ID–Bagian Layanan Pengadaan Barang Jasa (BLPBJ) Pemkab Klaten baru-baru ini dibuat heboh oleh seseorang. Orang yang mengaku staf BLPBJ tersebut mengirimkan surat undangan klarifikasi kepada rekanan dan berjanji bisa memenangkan tender proyek yang diikuti asalkan mau mentransfer sejumlah uang.

Oknum tersebut mengaku bernama Joko Purnomo dari Pokja Jasa Konstruksi BLPBJ Pemkab Klaten. Oknum yang memiliki NIP 134266 273 2773 mengirim surat kepada rekanan. Dalam suratnya, oknum tersebut juga mengundang rekanan untuk datang ke kantor BLPBJ terkait klarifikasi dan pembuktian dokumen.

Karena curiga, rekanan yang dikirimi surat tersebut segera menghubungi BLPBJ Pemkab Klaten dan menunjukkan surat undangan. Setelah dicermati dan diteliti ternyata surat undangan itu palsu.

Pelaksana tugas (Plt) Kabag BLPBJ Pemkab Klaten Sigit Gatot Budiyanto mengakui ada pengaduan dari pihak rekanan kepada BLPBJ. Namun surat yang diterima pihak rekanan adalah palsu.

Karenanya kata Sigit yang menjabat Kabag Pembangunan itu, pihak rekanan diminta untuk berhati-hati dan tidak menanggapi modus-modus seperti itu.

“Hati-hati dan tidak usah ditanggapi. Jika masih menemukan modus seperti itu agar lapor ke petugas berwajib,”pintanya.

Sigit juga menambahkan di BLPBJ Pemkab Klaten tidak ada staf bernama Joko Purnomo. Apalagi memiliki NIP yang aneh. Namun dia mengakui dalam proses tender proyek memang ada tahapan klarifikasi dan pembuktian.

Pada tahapan itu rekanan yang ikut memasukkan dokumen penawaran memang diundang untuk menunjukkan dokumen asli kepemilikan usaha tanpa harus menelepon rekanan apalagi sampai meminta uang dengan janji bisa memenangkan tender.

Bagian Layanan Pengadaan Barang/Jasa (BLPBJ) Pemkab Klaten merupakan organisasi pemerintah daerah (OPD) baru yang dibentuk awal 2017 lalu. Namun karena OPD ini belum memiliki pejabat definitif maka pejabat sementara dirangkap oleh Sigit Gatot Budiyanto yang juga Kabag Pembangunan.(Masal Gurusinga/SM)