Pentingsari Selesaikan Pengkategorian dan Standarisasi Homestay

153
Inge Setiawati ikut menjadi juri juara tumpeng dalam rangka apesiasi dan penutupan program standar layanan home stay. (istimewa)

KORANBERNAS.ID—Upaya kategorisasi homestay di Desa Wisata Pentingsari Cangkringan, Sleman, selesai dilakukan. Saat ini, homestay di Pentingsari terbagi dalam tiga kelas, yakni tipe A, tipe B dan tipe C. Masing-masing tipe, memiliki standar pelayanan.

Pengkategorian homestay di Pentingsari ini, merupakan program lanjut dari pelatihan dan pendampingan yang dilakukan oleh BCA. Pelatihan dan pendampingan sudah dilakukan 18 AGustus hingga 30 November lalu.

“Kami berkomitmen untuk meningkatkan potensi pariwisata di Indonesia melalui pengembangan Desa Wisata Binaan yang berbasis kearifan dan kemandirian lokal. Salah satunya dengan pendampingan pengembangan sejumlah homestay di Desa Wisata Pentingsari ini,” kata Executive Vice President Corporate Social Responsibility (CSR) BCA Inge Setiawati, Rabu (6/12/2017).

Baca Juga :  Selama 14 Hari Polisi Turun ke Jalan. Ada Apa ?

Didampingi Senior Vice President CSR BCA Sapto Rachmadi, Kepala BCA Kantor Cabang Utama (KCU) Yogyakarta Saswito Tjoe, Inge mengatakan, pengkategorian dan standarisasi pelayanan homestay ini dilakukan bersamaan dengan penilaian homestay terbaik di masing-masing kategori.

Untuk homestay yang unggul di masing-masing kategori, mendapat apresiasi berupa donasi renovasi homestay.

“Terpilihlah 3 pemenang unggulan di setiap kategori, 10 pemenang apresiasi dan 3 apresiasi pemilik homestay usia lanjut,” imbuh Sapto, sekaligus menutup Program Standarisasi Layanan Homestay Desa Wisata Pentingsari yang digelar BCA Agustus-November 2017.

Menurutnya, pengkategorian dan standarisasi layanan homestay ini menjadi hal yang penting untuk mendorong kualitas pelayanan bagi wisatawan yang berkunjung ke Pentingsari. Desa di lereng Merapi ini, sejak lama dikenal memiliki pesona alam yang menarik wisatawan, berpadu dengan kearifan lokal masyarakat.

Baca Juga :  Dua Sekolah Masih Terima Pendaftaran

Tak heran, Desa Pentingsari dinobatkan sebagai Desa Wisata pemenang Indonesia Sustainable Tourism Award 2017 kategori Green Bronze.

“Masyarakat Pentingsari dan kami, sangat menginginkan wilayah ini menjadi desa yang mandiri. Untuk itulah, serangkaian kegiatan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat kita lakukan sejak lama. Diantaranya Pelatihan Layanan Prima, Pelatihan Marketing Online, Pelatihan Leadership, dan Pelatihan Team Building, serta memfasilitasi kegiatan Benchmarking kepada segenap pengurus Desa Wisata Pentingsari,” lanjut Sapto.(*/SM)