Penunggak Pajak Tak Bisa Menghindar

187
Operasi Zebra Candi 2017 di Jalan Pahlawan  Kebumen Kamis (02/11/2017), juga  merazia  penunggak  pajak kendaraan bermotor.  (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Operasi Zebra Candi 2017 yang Digelar  Polres Kebumen sejak Rabu (01/11/2017) selama 14 hari, selain menindak  pelanggar lalu lintas juga menyasar penunggak Pajak  Kendaraan Bermotor (PKB).

Operasi yang digelar Kamis (02/11/2017) di Jalan Pahlawan Kebumen, jalan  protokol utama  di kota ini, ada 44 wajib PKB terjaring operasi yang digelar selama hampir dua jam. Mereka pun tidak bisa menghindar kemudian membayar tunggakan pajak tersebut.

Kepala Seksi Pajak Kendaraan Bermotor  (PKB ) Unit Pelayanan Pendapatan Daerah (UPPD) Kebumen,  Suharyo SE MM, kepada koranbernas.id  usai operasi menyatakan benar, operasi Zebra kali ini juga menyasar penunggak PKB.

Loket pembayaran PKB di lokasi razia. (istimewa)

Anggota Satuan  Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kebumen  selain memeriksa  kelengkapan kendaraan bermotor, seperti SIM dan STNK, juga memeriksa pajak kendaraan bermotor, sudah dilunasi atau ada tunggakan. Jika ada tunggakan, anggota Satlantas  menyerahkan ke kasir  UPPD Kebumen.

Baca Juga :  Temanggung TV Unggulkan Konten Budaya

“Kami buka loket pembayaran di tempat operasi,“ kata Suharyo.  Wajib PKB langsung membayar tunggakan PKB di tempat itu.

Ada beberapa  wajib  PKB yang belum jatuh tempo juga membayar di tempat itu dengan alasan hampir jatuh tempo.

Pendapatan  hari itu dari tunggakan PKB saja diperoleh Rp 10,137 juta. Ditambah lagi pendapatan  lain  dari denda Sumbangan  Wajib  Kecelakaan Lalu Lintas  (SWKLL) dan pengesahan, sehingga seluruh mencapai  Rp 13,82 juta.

Sebelumnya, Kepala UPPD Kebumen Bambang Nurcahyo SE MM menjelaskan, ada beberapa  cara menagih tunggakan PKB.

Wajib PKB yang menunggak kurang dari sebulan dikirimkan  surat pemberitahuan  PKB yang harus dibayar.  Wajib PKB mendapat pemberitahuan, besaran PKB yang harus dilunasi sesuai alamat dalam STNK.

Baca Juga :  Tak Perlu Khawatir, Lulusan SMK Kesehatan Bisa Langsung Kerja

Penyebab tunggakan umumnya obyek pajak sudah beralih tangan, bukan lagi di tangan wajib PKB.  Tidak ada balik nama, meskipun  sudah  ada jual beli obyek PKB. (sol)