Penyuluh Pertanian Perlu Belajar Menulis

344
Para penyuluh swadaya pertanian mendapatkan materi dalam pelatihan menulis pada Selasa (17/10), yang diharapkan bermanfaat bagi para penyuluh. (Dwi Suyono/Koran Bernas.id)

KORANBERNAS.ID – Sebanyak 20 orang penyuluh pertanian di Kabupaten Sleman mendapat pelatihan menulis dan jurnalistik, Selasa (17/10) siang, selama satu hari. Kegiatan tersebut digelar oleh Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman di Joglo Sidomampir Sleman.
Dibyo Warasta dari dinas terkait mengemukakan, kegiatan ini merupakan upaya dari pemerintah untuk dapat meningkatkan kualitas para penyuluh yang ada.
“Dengan pelatihan ini diharapkan para penyuluh mampu membuat berbagai tulisan berdasarkan pada pengalaman serta suka suka dalam mengemban tugas sebagai penyuluh pertanian swadaya, sehingga berbagai aspek tersebut dapat dibukukan dan dapat menjadi sebuah karya yang juga dapat bermanfaat,” katanya.
Lebih lanjut Dibyo menyebutkan, pihaknya akan selalu memberi ruang kepada para penyuluh agar dapat berkreasi. Ditambahkan pula bahwa saat ini diperlukan para penyuluh yang mampu menyesuaikan dengan situasi jaman sehingga mampu beradaptasi dengan jama yang ada salah satunya ialah aspek komunikasi dan menulis.
Salah satu nara sumber yang memberikan materi yakni Erina Chusnulita mengemukakan bahwa keterampilan menulis memang hendaknya juga dimiliki oleh para penyuluh pertanian sehingga ide serta gagasannya dapat memberi manfaat bagi masyarakat.
“Keterampilan menulis seharusnya menjadi sebuah keterampilan yang berguna,” katanya.
Dalam kesempatan tersebut para peserta juga mendapat pembekalan dari Dwi Suyono wartawan Koran Bernas serta Rulyantoro dari surat kabar Wawasan yang memberikan materi tentang teknik menulis yang nantinya akan dipraktikan oleh para peserta dalam bentuk tulisan . (ros)