PEPABRI Tegaskan Netralitas dalam Pemilu

413
Ketua DPC PEPABRI Temanggung memberikan potongan tumpeng kepada anggota baru Darminto pada tasyakuran HUT ke-58 PEPABRI.(istimewa)

KORANBERNAS.ID–Organisasi Persatuan Purnawirawan TNI POLRI (PEPABRI)  mengajak semua elemen masyarakat, TNI dan Polri tetap bersatu menjaga NKRI yang berdasarkan Pancasila. Disamping itu juga diminta mewaspadai hadirnya kelompok-kelompok yang gemar melontarkan ujaran kebencian, bersikap intoleransi dan penganut aliran radikalisme yang ingin memecah belah bangsa.

Hal itu dikemukakan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PEPABRI Kabupaten Temanggung Soepardjito membacakan amanat Ketua Umum DPP Pepabri Jendral TNI (Purn) H Agung Gumelar pada acara resepsi tasyakuran Hari Ulang Tahun ke-58 PEPABRI tahun 2017  di Panti Sarwa Guna Kodim 0706 Temanggung  Jumat (22/09/2017). Hadir dalam acara tersebut Bupati HM Bambang Sukarno, pejabat FKPD dan pejabat terkait serta diikuti para pengurus maupun anggota PEPABRI .

Tasyakuran ditandai dengan pemotongan tumpeng  Soepardjito diserahkan kepada anggota baru Darminto  dan dimeriahkan hiburan tari dan musik.

Dikemukakan peringatan Hari Jadi PEPABRI  ini tidak sekadar acara seremonial, tapi esensinya ingin merekatkan persatuan dan kesatuan. Khususnya di lingkungan Pepabri sendiri, dan masyarakat luas pada umumnya.

“Kita tahu kan ya, saat ini kondisi negara kita sedang tidak bagus. Akibat begitu mudahnya orang yang menyebarkan ujaran kebencian, radikalisme dan segala macam,’’ ujarnya.

Oleh karenanya ia mengharapkan, PEPABRI bisa menjadi alat pemersatu, jangan sampai NKRI hancur akibat ulah orang yang tidak bertanggung jawab. Hal itu selaras dengan tema peringatan yakni “Bersatu Dalam Jiwa dan Semangat Sapta Marga, Sumpah prajurit dan Tri Brata untuk Mengawal Negara Kesatuan Republik Indonesia”.

Terkait dengan Pilkada, Pileg dan Pilpres, sebagai lembaga atau organisasi, PEPABRI bersikap netral. Namun sebagai individu perorangan setiap warga PEPABRI bebas menentukan pilihan politik manapun sesuai dengan perundang-undangan yang ada.

Ketua panitia Sudjarwo mengatakan rangkaian acara peringatan sebelum resepsi terlebih dahulu dilaksanakan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Prayuda Mudal dan Kali Progo ditandai dengan tabur bunga di pusara makam para pahlawan.

Acara lain adalah anjangsana yang dilaksanakan pada Rabu dan Kamis (13-14/09/2017), kepada 15 anggota PEPABRI yang saat ini menderita sakit di sejumlah  PEPABRI Ranting dengan memberikan tali asih  berupa paket sembako. (*/SM)