Perajin Genteng Godean Sepakat Pakai Merk Kolektif

192
Soft Launching Merk Kolektif Genteng Godean di lantai 3 BKAD Pemkab Sleman, Rabu (27/12/2017). (istimewa)

KORANBERNAS.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman, Rabu (27/12/2017), melaksanakan soft launching Merk Kolektif Produk Genteng Godean.

Acara yang berlangsung di lantai 3 BKAD Komplek Pemerintahan Kabupaten Sleman itu dihadiri Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Dra Tri Endah Yitnani MSi.

Hadir pula Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Drs Pustopo, Kepala Sub bagian Ketahanan Ekonomi Joko Mulyanto SP, Direktur Pusat HKI FH UII Dr Budi Agus Riswandi SH MHum dan Ketua Asosiasi Genteng Sembada Manunggal, Sukiman.

Menurut Endah Yitnani genteng Godean merupakan produk yang sudah lama ada dan berkembang di wilayah Kecamatan Godean dan Kecamatan Seyegan secara turun temurun.

“Merk kolektif itu kan merk yang tidak bisa dicontoh, setelah merk kolektif diperoleh, penggunaannya juga masih harus disosialisasikan oleh para pelaku dan perajin genteng,” kata dia.

Baca Juga :  Dua Bupati Teken MoU, Konflik Mangrove Selesai

Ketua Asosiasi Genteng Sembada Manunggal, Sukiman,  menjelaskan merk yang diproduksi cukup banyak dan para perajin sepakat menggunakan merk kolektif sesuai aturan Pemkab Sleman. “Pembuatan genteng harus memenuhi syarat yang sudah ditetapkan asosiasi,” jelasnya.

Tujuan dari program pendaftaran merk kolektif ini untuk memberikan perlindungan terhadap produk genteng maupun produk kerajinan tanah liat di Sleman. (sol)