Perbaiki Pengelolaan Danais

112

KORANBERNAS.ID – Anggota DPRD Bantul dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem) H Sapto Saroso  S Psi melakukan penyerapan aspirasi di masa reses di Pendopo Kasarosan Krebet RT 04 Desa Sendangsari Kecamatan Pajangan, pertengahan Desember 2017.

Kegiatan reses diikuti sekitar 200 orang dari Dapil V meliputi Kecamatan Pajangan, Pandak, Srandakan dan Sanden.

Tampil sebagai narasumber dalam kesempatan tersebut adalah Ketua DPW Nasdem DIY, Drs H Subardi dan mantan Ketua KPU Bantul Arif iskandar.

Dari kegiatan reses itu pula Sapto jadi tahu banyak persoalan yang melingkupi masyarakat di dapilnya seperti banyak yang belum memiliki fasilitas MCK, belum memiliki listrik, Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), jalan rusak, saluran irigasi  tidak lancar, tata kelola sampah yang belum baik dan juga mengenai Dana Keistimewaan (Danais).

Baca Juga :  Tak Lolos Uji Emisi , Kendaraan Bermotor Bisa Diservis Tanpa Biaya

“Masih banyak pertanyaan kenapa danais yang begitu melimpah kok dirasa belum mampu diserap semua lapisan masyarakat.  Tentu kami menilai ada yang tidak benar, pengelolaan yang sentralistik misalnya dirasa menyulitkan masyarakat. Harus ada perbaikan,” kata Sapto.

Padahal 85 persen masyarakat masih menginginkan pentas budaya. Keinginan ini sudah diformulasikan secara betul, artinya tidak ada tuduh menuduh seperti anggapan sebagian orang pentas budaya itu bernuansa politis.

“Saya juga berharap masyarakat untuk bisa mengajukan usulan jangan yang bersifat instan saja namun juga bersifat pemberdayaan. Sehingga mampu meningkatkan pendapatan masyarakat,” katanya. (sol)