Perbedaan Si Kaya dan Si Miskin di Sleman Njomplang

263
Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun didampingi Kepala Dinas Sosial kabupaten Sleman Sri Murni Rahayu menyerahkan penghargaan TPK Award tahun 2017, Senin (18/12/2017). (istimewa)

KORANBERNAS.ID—Perbedaan tingkat perekonomian antara si kaya dan si miskin di Kabupaten Sleman masih jauh atau njomplang. Hal inilah yang menyebabkan angka kemiskinan di Sleman masih tinggi.

Hal ini diungkapkan Wabup Sleman Sri Muslimatun, saat menyerahkan Tim Pengendali Kemiskinan (TPK) Award 2017, Senin (18/12/2017). Penghargaan diberikan kepada 5 kecamatan, 5 desa dan 5 pedukuhan se-Sleman.

Para juara mendapatkan hadiah berupa piala dan uang pembinaan, yaang diserahkan Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun didampingi Kepala Dinas Sosial kabupaten Sleman Sri Murni Rahayu.

Menanggapi keberhasilan Kecamatan, Desa dan Padukuhan tersebut Sri Muslimatun berharap agar angka kemiskinan pada tahun mendatang turun minimal 1 % setiap tahun, karena pada tahun sebelumnya kurang dari satu persen.

Baca Juga :  Jadi Orangtua yang Solutif, Bagaimana Caranya ?

Keberhasilan penurunan angka kemiskinan di Kabupaten Sleman tidak lepas dari Tim Penanggulangan Kemiskinan baik di tingkat Kecamatan, Desa maupun tingkat Padukuhan.

“TPK Award di tahun mendatang akan terus dilakukan agar angka kemiskinan di Kabupaten Sleman terus menurun. Yang tidak kalah pentingnya bahwa ilmu dari yang sudah berhasil agar diturunkan dan ditularkan kepada kecamatan, desa dan padukuhan yang lain,” kata Sri Muslimatun, Selasa (19/12/2017).

Perlu diketahui lanjutnya, bahwa angka kemiskinan di Sleman masih tinggi karena perbedaan antara yang kaya dan yang miskin di Kabupaten Sleman cukup jauh. Untuk itulah peran TPK agar jarak antara yang kaya dan miskin tersebut semakin pendek.

Sedangkan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sleman manyampaikan, tujuan evaluasi dan pemberian TPK Award untuk memperoleh praktek terbaik (best practice) penanggulangan kemiskinan pada tingkat kecamatan, Desa dan Padukuhan, serta untuk menumbuhkan motivasi dan isnpirasi seluruh pemangku kepentingan (stakeholders) penaggulangan kemiskinan di Kabupaten Sleman. (SM)

Baca Juga :  Ini Cara Purbalingga Jaga Kerukunan Beragama

Peraih TKP Award 2017

Kecamatan

Kalasan Juara I

Sleman Juara II

Berbah Juara III

Tempel Juara Harapan I

Cangkringan Juara Harapan II

 

DESA

Pendowoharjo Sleman Juara I

Tirtomartani Kalasan Juara II

Bimomartani Ngemplak Juara III

Wukirsari Cangkringan Juara Harapan I

Purwobinangun Pakem Juara Harapan II

 

Pedukuhan

Karangtanjung Pandowoharjo Juara I

Krajan Tirtomartani Kalasan Juara II

Karanggeneng Purwobiangun Pakem Juara III

Nglengking Sendangrejo Juara Harapan I

Kromodangsan Lumbungrejo Juara Harapan II