Perempuan Gada Terdepan Cegah Terorisme

231
Para perempuan dalam acara Rembug Kebangsaan Perempuan Pelopor Perdamaian di Hotel KJ, Kamis (28/09/2017). (dwi suyono/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Berbanggalah para perempuan. Anda jadi garda terdepan dalam mengatasi aksi-aksi terorisme. Sebab perempuan berperan sangat penting dalam membantu pemerintah memutus mata rantai penyebaran terorisme dan radikalisme di masyarakat.

“Perempuan seringkali menjadi sasaran dari berbagai kejadian terorisme. Oleh karena itu negara harus mampu menempatkan perempuan sebagai bagian penting dalam sistim bernegara. Salah satunya ialah membekali para perempuan di Indonesia harus memiliki pengetahuan yang komprehensif tentang terorisme sehingga akan mampu membimbing anak anak dan generasi muda,” kata Andi Intan Dulung, Kepala Subdit Kewaspadaan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) RI dalam Rembug Kebangsaan Perempuan Pelopor Perdamaian di Hotel KJ, Kamis (28/09/2017).

Menurut Andi Intan, teknologi dan globalisasi yang ada saat ini memberikan pengaruh yang cukup kuat bagi terjadinya pergeseran nilai nilai budaya adiluhung. Sehingga para perempuan terkadang hanyut dalam lingkaran nilai nilai modernisasi yang bisa melunturkan nilai-nilainya.

Baca Juga :  Sleman Kaya Aneka Ragam Budaya

“Inilah bahaya yang mengintai. Pengaruh terorisme membuat banyak perempuan yang tertarik kepada dunia terorisme. Karenanya perempuan perlu memiliki nilai-nilai adiluhung bangsa,” tandasnya.

Sementara Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) DIY, Abdul Muhaimin mengungkapkan, perempuan memiliki posisi strategis dalam berbagai bidang termasuk dalam sisi spiritual. Mereka secara sosial politik dalam hubungan keluarga dan masyarakat perempuan memiliki peran penting.

“Sehingga seringkali perilaku sosial masyarakat juga dipengaruhi oleh para perempuan oleh karena itu perempuan harus didudukan pada posisi strategis dan penting dalam struktur masyarakat,” paparnya.

Muhaimin yang juga pegiat dalam berbagai forum dan komunitas ini menambahkan, perkembangan jaman semakin kompleks. Dengan demikian dibutuhkan peran kaum perempuan untuk memberikan pendidikan nilai, akhlak dan wawasan kebangsaan yang benar pada keluarga dan orang-orang terdekat.(yve)

Baca Juga :  Nol Persen Kawasan Kumuh Harus Tercapai 2020