Perempuan Harus Mampu Berperan Atasi Bencana

277

KORANBERNAS.ID — Kabupaten Kulonprogo kedepan akan memiliki semakin banyak persoalan. Selain rakyatnya harus mengikuti kompetisi meraih kesejahteraan dan kemajuan dengan warga pendatang, daerah ini juga masih tetap harus menghadapi kerawanan bencana alam

Guna menghadapi persoalan tersebut DPD PKS Kabupaten Kulonprogo, melakukan pelatihan bagi para kader perempuannya. Pelatihan difokuskan pada penanganan masalah sosial bencana.

Kegiatan itu digelar guna makin memantapkan langkah dalam berhidmat untuk rakyat. Dengan demikian kader perempuan makin bisa berperan lebih di masyarakat. Apalagi Kulonprogo menjadi salah satu wilayah yang punya catatan potensi bencana alam yang mengancam.

“Kami menggelar pelatihan khusus bagi perempuan yang fokus pada kerelawanan. Materi kami berikan berupa kegiatan kegiatan yang menunjang antisipasi dan pengendalian bencana secara umum. Ada early warning sistem, mitigasi bencana serta penangan penangan kegawat daruratan praktis”, tutur Yanarti, ketua Panitia Pelatihan Perempuan Siaga PKS (Pepsi PKS), Senin (30/10/2017).

Baca Juga :  Sesuai Zaman Now, PKPI DIY Targetkan Tembus 5 Persen

Pelatihan ini berlaku bagi seluruh kader perempuan PKS, baik kader muda atau kader kader senior. Mereka mewajibkan semua kader perempuan mengikuti kegiatan.

“Diharapkan kapasitas kader kita semakin baik dalam menunjang pengabdian kepada masyarakat”, tutur Agung Raharjo, Ketua Bidang Kaderisasi PKS Kulonprogo.

Kegiatan ini dilaksanakan di bumi perkemahan Sermo Minggu (29/10/2017) dari pagi hingga menjelang magrib. Agung berharap dengan pelatihan maka kemampuan personal kader akan memiliki peningkatan kemanpuannya. Sehingga kader akan dapat bermanfaat pengabdiannya kepada masyarakat.(yve)