Peringatan Hari Kartini Memperluas Pemberdayaan Perempuan

243
Sri Purnomo menyerahkan beasiswa dari Bank Sleman bersamaan dengan peringatan Hari Kartini, Rabu (02/05/2018). (Nila Jalasutra)

KORANBERNAS.ID–Sebagai momen untuk memperkuat dan memperluas pemberdayaan perempuan, Pemerintah Kabupaten Sleman mengadakan Puncak Peringatan Hari Kartini ke-139, Rabu (02/05/2018) bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman.

Bupati Sleman, Sri Purnomo  menyampaikan, tujuan dari Peringatan Hari Kartini ini bukan semata-mata untuk mengenang jasa-jasa RA Kartini selaku pelopor kebangkitan kaum wanita Indonesia. Akan tetapi juga untuk mempertebal tekad dan keyakinan dalam melanjutkan cita-cita RA Kartini masa kini untuk lebih berperan dalam pembangunan bangsa.

Selain itu, kegiatan ini merupakan momentum untuk memperkuat advokasi dan aksi dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan formal yang akan berdampak pada peningkatan kualitas hidup perempuan.

“Meningkatnya kualitas hidup perempuan tentunya akan berpengaruh pada terbentuknya keluarga yang berkualitas,” jelasnya.

Lebih dari itu dengan adanya ekspose karya perempuan diharapkan dapat membuka dan memperluas kesempatan bagi kaum perempuan untuk mengembangkan potensi dirinya serta meningkatkan kesejahteraan hidup melalui mekanisme pengembangan aktivitas ekonomi produktif.

“Saya berharap kaum wanita dapat terus meningkatkan kapasitas SDM-nya khususnya di bidang ekonomi sehingga mampu meningkatkan kontribusi dan kesertaannya dalam pelaksanaan pembangunan ekonomi dan pembangunan di berbagai sektor,” tambahnya.

Sementara Kustini Sri Purnomo selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sleman sekaligus Ketua Panitia Peringatan Hari Kartini menyampaikan, pihaknya telah melaksanakan berbagai kegiatan dalam Peringatan Hari Kartini tahun 2018.

Kegiatan tersebut antara lain yaitu Lomba Senam Kreasi Jingle Three Ends, Lomba Baca Surat Kartini tingkat SD, dan Launching Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) Keluarga Sejahtera yang Sembada (Kesengsem).

Dalam kesempatan tersebut Bupati Sleman juga mengukuhkan pengurus Gerakan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Sleman periode 2018-2022 yang diketuai oleh Sri Wahyuni Dewi SE MM.

Acara ditutup dengan penyerahan beasiswa dari Bank Sleman oleh Bupati Sleman pada 11 siswa SD yang masing-masing mendapat beasiswa Rp 750.000 dan 9 siswa SMP yang mendapat beasiswa Rp 1.000.000.

Bupati juga menyerahkan bantuan sepeda dari Bazda Kabupaten Sleman sekaligus menyerahkan hadiah pada prestator lomba senam kreasi Jingle Three Ends, dan lomba baca surat Kartini tingkat SD Dan SMP. (SM)