Peringati Hardiknas Sebagai Momen Muhasabah

199
Bupati Sleman didampingi Wakil Bupati  menyerahkan penghargaan bersamaan dengan Upacara Peringatan Hardiknas 2018 di Lapangan Pemda Sleman, Rabu (02/05/2018). (istimewa)

KORANBERNAS.ID–Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2018, Pemerintah Kabupaten Sleman menyelenggarakan Upacara Peringatan Hardiknas 2018 di Lapangan Pemda Sleman, Rabu (02/05/2018). Selain jajaran Pemerintah Kabupaten, kegiatan tersebut juga diikuti oleh sejumlah siswa perwakilan dari sekolah-sekolah di Kabupaten Sleman.

Kegiatan yang bertema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan” tersebut dianggap sebagai momentum untuk melakukan muhasabah, mesu budi, atau refleksi terhadap usaha-usaha yang telah diperjuangkan di dalam bidang pendidikan.

Hal tersebut disampaikan Bupati Sleman, Sri Purnomo saat membacakan pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI dalam upacara peringatan Hardiknas 2018.

“Dalam waktu yang bersamaan kita menerawang ke depan atau membuat proyeksi tentang pendidikan karakter dan literasi, selain ikhtiar mencerdaskan bangsa. Hal itu sejalan dengan revolusi karakter bangsa sebagai bagian dari pengejawatan program Nawacita Presiden dan Wakil Presiden,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pemberian penghargaan kepada sejumlah perwakilan sekolah yang meraih juara dalam perlombaan yang diselenggarakan setiap tahunnya oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman.

Adapun beberapa kejuaraan yang diperlombakan yaitu Lomba Dokter Kecil, Tata Upacara Bendera, Olimpiade Sains Nasional, Olimpiade Guru Nasional, Pengawas Berprestasi, Kepala Sekolah Berprestasi, Guru Sekolah Berprestasi dan Pegiat Terbaik Gerakan Literasi Sekolah.

Sejumlah penghargaan diberikan langsung oleh Sri Purnomo dengan didampingi Wakil Bupati Sri Muslimatun beserta jajarannya. (SM)