Peringati Hari Kartini, SMAN 1 Purbalingga Gelar Papijar

207
Kegiatan pemilihan  Putra-putri Pembelajar (Papijar) , di Aula SMAN 1 Purbalingga. (Prasetiyo/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID–Memperingati Hari Kartini, Organisasi Intra Sekolah (OSIS)  SMAN 1 Purbalingga menggelar kegiatan pemilihan  Putra-putri Pembelajar (Papijar) 2018, di Aula sekolah setempat, Sabtu (21/04/2018). Kegiatan ini diikuti perwakilan dari 24 kelas, terdiri 12 kelas dari kelas  X, dan 12 kelas dari kelas XI.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas SMAN 1 Purbalingga, Rochmatiningsih, S.Pd  mengatakan, Papijar kali ini dibagi dua kelompok, yakni pemilihan putra-putri luwes  (Papilu) , dan pemilihan putra-putri batik (Papiba). Setiap kelas mengirimkan perwakilan sepasang untuk dua kelompok itu.

Menurut Rochmatiningsih, kegiatan ini untuk menambah wawasan mengenai RA Kartini, dan menyalurkan  bakat dan kreativitas, serta bersaing secara sehat.

Dalam hal ini, peserta Papilu maupun Papiba,masing-masing 48 peserta.

“Untuk Papilu, penilaian meliputi sikap, kemampuan bicara, dan penerapan etika. Sedangkan Papiba, penilaian meliputi keserasian busana, tata rias, dan ekspresi,” ujar Rochmatiningsih.

Untuk setiap kelompok, diambil juara satu dan juara dua, baik putra maupun putri. Juga ada juara favorit untuk  setiap kelompok. (SM)