Permintaan Darah di Sleman Capai Ribuan Kantong

163

KORANBERNAS.ID–Persediaan darah di Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Sleman dalam kondisi aman, kendati permintaan darah mencapai sekitar seribu kantong setiap bulan.

“Relatif masih amannya persediaan darah di PMI cabang Sleman saat ini,” ungkap Ketua PMI cabang Sleman, dr Sunartono MKes di markas Sucen Tridadi Sleman, Rabu (07/02/2018).

Menurut Sunartono stok darah di PMI Sleman sudah normal kembali, terkait semakin mantapnya partisipasi masyarakat dalam kegiatan donor darah.

“Stok darah PMI Sleman tidak hanya untuk memenuhi permintaan lokal Sleman akan tetapi juga PMI Kabupaten/Kota di DIY, bahkan hingga Muntilan dan Klaten di Provinsi Jawa Tengah,” kata Sunartono.

Sedang untuk menjaga ketersediaan stok darah di PMI Sleman dikatakan Sunartono, pihaknya tidak pernah menolak permintaan mobil unit donor darah oleh masyarakat. Sehingga setiap saat siap melayani aksi donor darah.

Selain itu PMI Sleman lanjutnya juga terus memantapkan kerjasama dengan jajaran TNI, Polri maupun Korpri dan lembaga sosial lain untuk kegiatan donor darah.

“Fasilitas transfusi darah di PMI Sleman saat ini semakin moderen. Karena telah memilahkan seluruh komponen yang ada dalam darah. Sehingga untuk kepentingan transfusi dapat dilakukan pemilahan unsure darah sesuai kebutuhan pasien. (yve)