Pesan Damai di Atas Kain Putih Tujuh Meter

293
Peserta rapat pengawasan partisipasif yang diselenggarakan Panwaslu Kota Semarang menandatangani pesan damai di atas kain putih tujuh meter, Sabtu (23/12/2017). (b maharani/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Sebagai bentuk partisipasi dan ikrar bersama agar terlaksana Pemilu yang damai dan berintegitras, masyarakat Kota Semarang membubuhkan tanda tangan di atas bentangan spanduk sepanjang tujuh  meter, Sabtu (23/12/2017).

Penandatanganan di atas kain putih tersebut dilakukan di tengah acara rapat pengawasan partisipasif yang diselenggarakan Panwaslu Kota Semarang.

Peserta yang bertanda tangan tersebut berasal dari berbagai elemen. Rapat pengawasan partisipasi dilakukan dalam rangka peningkatan peran pencegahan dan penindakan.

Ketua Panwaslu Kota Semarang, Muhammad Amin, mengatakan perlunya melakukan langkah-langkah penting sebagai upaya pencegahan dan penindakan pada setiap tahapan pemilihan 2018 dan pemilu 2019.

“Kami juga menggandeng ormas pemuda, BEM Unimus, Unwahas serta pelajar SMU se-Kota Semarang. Sebagai ikrar bersama agar Pemilu aman,  damai,  berintegritas kami melakukan tanda tangan bersama,” ujarnya.

Baca Juga :  Tim JPI Jogja Dapat Pembekalan

Sebab,  bagaimana pun dalam rangka mewujudkan pemilu yang luber dan jurdil perlu adanya peran semua pihak. Lembaga pengawasan tidak bisa berjalan sendiri mengawasi pemilu karena memang setiap tahapan punya potensi dugaan pelanggaran.

Partisipasi masyarakat sebagaimana dalam undang-undang bisa dilakukan dengan partisipasi langsung yaitu sebagai penyelenggara, pemantau atau berupa relawan dan volunter pada setiap tahapan.

Saat ini Panwas kota Semarang melalui panwas kecamatan sedang melakukan perekrutan panwaslu kelurahan di 177 kelurahan, dimulai 23 Desember 2017 sampai 14 Januari 2018. Nantinya di setiap kelurahan akan ada satu orang pengawas pemilu.

“Panwaslu Kelurahan akan memulai tugas pada bulan Januari 2018 saat pengawasan pemutakhiran data pemilih dan tahapan-tahapan lain,” ujar Amin.

Baca Juga :  Ratusan Pelajar Lomba Paduan Suara

Harapannya selain partisipasi secara langsung, masyarakat juga diimbau mengambil peran-peran strategis dalam mewujudkan pemilihan Gubernur 2018 berjalan damai, bermartabat serta berkualitas. (sol)