Peserta “Daihatsu Astec Open” di Jogja Lampaui Target

284
Pihak panitia bersama Alan Budikusuma dan perwakilan dari Astra Daihatsu Motor, melakukan selebrasi event Daihatsu Astec Open 2018 di Yogyakarta. Turnamen berlangsung 30 April hingga 5 Mei 2018. (Surya Mega/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID—Untuk pertama kalinya, event kejuaraan bulutangkis nasional Daihatsu Astec Open digelar di Yogyakarta. Menariknya, sambutan peserta di Jogja luar biasa. Karena dari target 600 peserta, atlet yang mendaftarkan diri ternyata mencapai 1.002 atlet.

“Ini surprise, karena capaian ini hampir menyamai jumlah peserta di Jakarta,” kata Pengda Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) DIY, Koesdarto Pramono, Senin (24/04/2018).

Koesdarto mengatakan, turnamen ini terdaftar dalam agenda PBSI dan sudah berlangsung sejak 2016. Para atlet akan berlaga di GOR Lembah UGM 30 April hingga 5 Mei 2018, dengan memanfaatkan 10 lapangan.

Turnamen ini, dibagi berdasarkan umur, dimulai dari U-13, U-15, U-17, U-19, atlet dewasa dan veteran. Selain menggelar pertandingan, panitia juga akan mengadakan coaching clinic yang melibatkan mantan atlet internasional  Alan Budikusuma dan Susy Susanti.

Baca Juga :  Bank BPD DIY Bima Perkasa Jogja Jadi Ikon

Direktur Astec, Alan Budikusuma mengatakan, untuk tahun ini event Daihatsu Astec Open digelar lebih meluas ke 10 kota termasuk di luar Jawa. Selain Batam dan Padang, turnamen serupa juga digelar di Banjarmasin, Pontianak, Makassar dan Manado.

“Ada pertimbangan khusus mengapa kota-kota itu kita pilih. Karena kita melihat potensi atlet bulu tangkis disana sudah berkembang tapi masih butuh dukungan,” kata suami Susy Susanti ini.

Dukungan dimaksud, terutama berupa wadah dan fasilitasi para atlet untuk berlaga dalam turnamen resmi. Sebab di luar Jawa, kesempatan untuk mengikuti laga-laga resmi sejauh ini masih sangat minim.

“Ada yang bahkan turnamen hanya sekali setahun saat peringatan kemerdekaan. Kan sayang sekali, padahal potensi pemain usia dininya ada,” ujar Alan.

Baca Juga :  Kejurda Minim Peserta, PODSI Keluhkan Sulit Cari Atlet

Marketing Plann Sales Operation Support Departement Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation, Tri Mulyono menjelaskan, diperluasnya event ini merupakan salah satu upaya perusahaan untuk ikut membantu program pembinaan atlet bulu tangkis usia dini di Indonesia.

Pemilihan kota yang menjadi lokasi penyelenggaraan turnamen dilakukan bersama dengan pihak Astec.

“Kita melakukan survey lebih mendalam sebelum memilih kota dimana kita akan gelar turnamen ini. Semoga event ini dapat memberikan sumbangsih pembinaan atlet bulu tangkis terutama usia dini,” imbuhnya. (SM)