Bupati Gunungkidul Badingah bersama pegowes, Selasa (5/9/2017). (st aryana/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Peserta gowes yang tergabung dalam Gowes Touring Pesona Nusantara (GTPN) tiba di Gunungkidul. Rencananya rombongan ini akan menyelesaikan perjalanannya di Magelang, Jawa Tengah pada 9 September.

Sampai di Gunungkidul kedatangan mereka disambut Bupati Gunungkidul Badingah dan Wakil Bupati Immawan Wahyudi di kantor pemkab. Dan Istirahat sejenak, mereka sempat berfoto bersama dengan para pejabat.

“Kami doakan semoga selamat sampai tujuan. Jangan lupa promosikan wisata Gunungkidul,” kata Bupati Badingah saat menyambut kedatangan pegowes Selasa (5/9/2017).

Dalam kesempatan itu bupati juga memberikan secara simbolis air dalam kendi dan tanah. Seperti diketahui, mendapatkan air dan tanah dari setiap kabupaten yang dilewati merupakan bagian dari misi peserta.

Para pegowes dari tim Gowes Touring Pesona Nusantara ini sudah melakukan perjalanan dari titik 0 Sabang dan sudah menempuh jarak lebih dari 4.750 kilo meter hingga ke Wonosobo, kemudian menempuh jarak 30 km untuk sampai ke Purworejo di mana selama perjalanan tersebut para pegowes membawa misi program Kemenpora melalui tajuk “Ayo Olahraga”.

Sementara itu staf Kemenpora, Agus Santoso mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk memeriahkan hari olah raga nasional. Selain itu juga digunakan sebagai ajang memupuk rasa Bhineka Tunggal Ika.

“Rencananya rombongan ini akan berhenti dan menyelesaikan perjalanannya di kabupaten magelang jawa tengah pada tanggal 9 september mendatang,” kata Agus Santoso.

Di bagian lain peserta gowes, Mitiya Fitrina mengaku senang dapat mengikuti kegiatan tersebut. Hanya diakui, berpsepeda dengan rute panjang tidak mudah sehingga perlu perjuangan ekstra. “Terus semangat,” kata Mitiya. (yve)