Peserta Kirab Tetap Semangat Meski Diguyur Hujan

338
Kirab Budaya Tridadi Sleman berlangsung meriah, Jumat (10/11/2017). (istimewa)

KORANBERNAS.ID – Lebih kurang 2.300 warga Desa Tridadi terdiri dari anak-anak, remaja, serta orang tua turun jalan mengikuti kirab budaya dalam rangka Merti Desa Tridadi, Jumat (10/11/2017).

Hujan deras disertai angin kencang tidak menyurutkan semangat peserta kirab yang berasal dari 15 dusun di wilayah Desa Tridadi.

Mereka adalah anggota kelompok kesenian, budaya, perajin, kelompok pengajian, PKK Dusun maupun kelompok Tabo (Tanggap Bocah). Meski sebagian basah kuyup namun terlihat tetap bersemangat.

Kirab dimulai dari halaman Balai Desa Tridadi Jalan Parasamya. Peserta berjalan kaki melintasi Jalan KRT Pringgodiningrat. Mereka memperoleh sambutan meriah dari masyarakat yang menyaksikan di kanan kiri jalan.

Kesenian reog, jathilan, rampak buta, berjalan sambil mempertontonkan tarian khas mereka. Lima gunungan berisi hasil bumi dan makanan olahan, digotong warga.

Baca Juga :  Tahun Politik Rawan Gesekan

Ikut juga dikirab patung raksasa Dewi Sri setinggi empat meter, tangannya menggenggam padi. Inilah gambaran kemakmuran hasil tanaman padi melimpah di Desa Tridadi.

Adapun juara kirab budaya Dusun Jaban dan Dusun Josari, masing-masing mendapat hadiah seekor kambing.

Kepala Desa Tridadi,  Kabul Muji Basuki, mengakui antusiame peserta  sangat tinggi. Kades yang menjabat sejak 1996 hingga 2021 itu mengatakan kirab budaya ini menunjukkan tingginya rasa kebersamaan masyarakat, kegotongroyongan serta pelestarian budaya.

“Kegiatan seperti ini tanpa didukung kesadaran dan partisipasi masyarakat tidak akan sukses,” kata  Kabul seraya menambahkan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangkaian hari jadi ke-69 Desa Tridadi.

Sebelumnya, digelar kegiatan lomba olahraga, pengajian akbar dilanjutkan pementasan wayang kulit semalam suntuk dengan dalang Ki Edi Suwondo dengan lakon Gatotkaca Winisuda.

Pada pergelaran wayang hadir Drs Kuswanto. Dia adalah mantan Ketua DPRD Sleman yang saat ini menjadi anggota DPRD DIY. Hadir pula Camat Sleman, anggota DPRD Sleman serta Kades se-Wilayah Kecamatan Sleman. (sol)

Baca Juga :  Derai Air Mata Iringi Pemakaman Korban Kerusuhan Suporter