Peserta Lebih Sedikit, Kejurnas Silat Tak Kehilangan Pamor

463
Kejurnas Silat Antar Perguruan Tinggi IX digelar mulai Senin (20/11) siang di UPN Veteran Yogyakarta. Sebanyak 49 kontingen perguruan tinggi berpartisipasi pada Kejurnas tahun ini. (Rosihan Anwar/KoranBernas.id)

KORANBERNAS.ID — Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pencak Silat antar Perguruan Tinggi IX dimulai pada Senin (20/11) siang di UPN Veteran Yogyakarta. Kejuaraan yang memperebutkan Piala Presiden itu diikuti setidaknya 49 perguruan tinggi dari berbagai daerah di tanah air.
Dalam kejuaraan kali ini, ada 49 kontingen dengan jumlah peserta mencapai 400 orang yang berasal baik dari perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia.
Siti Nuzul Is Rizkyah selaku ketua panitia Kejurnas kepada KoranBernas.id menyampaikan, terjadi penurunan peserta jika dibandingkan tahun 2015 lalu. Hal itu lebih disebabkan karena kejuaraan nasional yang diadakan di UPN Vveteran tahun ini berbarengan dengan agenda kejuaraan pencak silat lainnya yang masuk kalender PB IPSI.
“Dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini jumlah pesertanya memang lebih sedikit. Tetapi hal tersebut bukan sebuah masalah, pertandingan tetap berjalan dan tentunya harus tetap sportif,” ujarnya saat ditemui usai upacara pembukaan.
Sementara itu, Arifiyantoro yang merupakan salah satu peserta Kejurnas yang merupakan bagian kontingen silat Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menyampaikan, persiapan untuk mengikuti kejuaraan pencak silat kali ini terbilang pendek. Dirinya dan kawan-kawan hanya berlatih dalam kurun waktu dua bulan saja.
“Persiapannya kurang lebih dua bulan, kita latihan tiap hari pagi dan sore. Semoga dengan persiapan cukup matang, saya bersama tim bisa mendapat juara umum di kejuaraan nasional kali ini” ujarnya saat pertandingan berlangsung.
Kejuaraan nasional yang rutin diadakan setiap dua tahun sekali ini, akan digelar hingga 25 November mendatang. Para peserta dari 49 kontingen akan berjuang dan bertanding secara sportif memenangkan piala Presiden. (ros)

Baca Juga :  Sugiyanto Ditemukan Meninggal Dunia