Pesta Kebun Ampuh jadi Pembelajaran Interaksi Sosial

737
Siswa KB/TK Budya Wacana pesta kebun di sekolah, Rabu (20/09/2017). (tugeg sundjojo/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Pesta kebun menjadi media yang efektif mengajarkan anak-anak di tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) untuk belajar bersosialiasi. Bagaimana caranya ?

“Anak-anak diajak membawa berbagai makanan untuk disantap bersama di kebun sekolah. Di saat itu, anak-anak akan lebih mudah berinteraksi satu dengan lainnya karena suasananya nyaman dan kekeluargaan,” ungkap Kepala KB/TK Budya Wacana, Emanuel Rustinarni disela program Cinta Lingkungan di sekolah setempat, Rabu (20/09/2017).

Menurut Rustinarni, interaksi sosial sangat penting dilakukan karena saat ini muncul kecenderungan anak-anak sulit bermain dan berkomunikasi dengan teman sebaya. Persoalan itu diperparah dengan penggunaan gadget yang berlebihan, termasuk pada anak-anak sehingga mereka tidak banyak bersosialisasi.

Baca Juga :  Puluhan Penderita Gangguan Jiwa Bebas Pasung

Karenanya sekolah berupaya mengajak sekitar 62 siswa KB/TK untuk saling berbagi dalam acara pesta kebun dan perjamuan kasih. Sebab sekolah merupakan rumah kedua dan lingkungan terdekat bagi peserta didik.

“Saat ikut pesta kebun, anak-anak pun belajar berbagi tanpa membedakan latar belakang apapun. Hal ini sesuai dengan visi dan misi sekolah dalam mendidik siswa yang berkarakter, berpengatahuan serta berwawasan kebangsaan,” jelasnya.

Kegiatan pesta kebun dan perjamuan kasih itu, lanjut Rustinarni dilakukan secara berkelanjutan setiap beberapa bulan sekali. Untuk kali ini disesuaikan dengan predikat sekolah berbasis budaya yang disandang sekolah tersebut.

“Anak-anak juga menggambar gunungan dalam pesta kebun ini sebagai bagian dari kecintaan pada yogyakarta sebagai lingkungan tempat tinggal mereka,” imbuhnya. (yve)

Baca Juga :  Museum Benteng Vredeburg Peroleh Tambahan Koleksi