Pesta Rakyat Warga Sorosutan Meriahkan HUT RI

234
Anak-anak PAUD Menur, Sorosutan tampil di pesta rakyat, MInggu (20/8/2017). (arie giyarto/koranbernas.id)

KORAN BERNAS.ID — Warga RW 08, Kelurahan Sorosutan Yogyakarta menggelar pesta rakyat, Minggu (20/8/2017). Kegiatan itu sebagai puncak acara peringatan HUT RI ke-72 tahun 2017.

Pesta diawali dengan jalan sehat yang diikuti ratusan warga. Sebagian besar warga mengenakan busana nuansa merah putih. Saat finish, suasana berubah menjadi pesta rakyat. Karena jamuan disiapkan dalam bentuk kafetaria.

Ada bakso kuah, bakso tusuk, angkringan, kupat tahu, lontong opor, soto ayam. Snack, dawet, cocktail, wedang secang, teh dan air putih. Digelar di sepanjang jalan lebar menuju panggung sehingga warga tidak perlu berdesakan. Diberikan dengan sistem kupon, masing-masing untuk snack dan minum, makanan berat serta makanan ringan. Dengan demikian seluruh peserta memilih mana yang disuka.

“Ini sekaligus membantu pedagang kecil makanan yang ada di wilayah sekitar. Panitia membayar sesuai jumlah kupon masuk ke masing-masing konter. Ternyata semuanya habis, sehingga mereka dengan cepat mendapatkan uang,” kata Hj Muchlas Abror, pegiat PKK RT 27.

RT 27 tahun ini menerima tugas sebagai penyelenggara. Dengan cara ini panitia tidak ribet, termasuk selesai acara pun kebersihan terjaga.

Pada kesempatan itu ditampilkan berbagai potensi mulai dari anak-anak PAUD. remaja dan ibu-ibu. Ada fashion show menggunakan busana kreasi dari koran bekas. Bahkan warga yang berkumpul di sekitar panggung terusik oleh bunyi mirip sirine ambulans.

Ternyata sebuah keseran mengangkut anak-anak yang didandani seperti sepasang pengantin dan pengiringnya. Ada remaja putri menampilkan macapat yang sudah langka di kalangan anak muda. Sementara kakak beradik Fusta dan Maura yang pandai memainkan alat musik keyboard dan gitar menampilkan keterampulannya.

Ketua panitia Amin Poerwanto dalan sambutannya mengatakan, semua ini bisa terselenggara berkat kebersamaan seluruh warga. Sementara itu ketua RW 08 RM Santosa Tri Iriyanta SIP mengapresiasi usaha keras panitia sehingga acara berlangsung meriah. Tahun depan, penyelenggaraan event ini akan bergulir ke RT 28. (Arie Giyarto/yve)