Petani Teh, Apresiasi Jalan Baru Yang Dibangun TNI

49

KORANBERNAS.ID — Apresiasi salah satu warga terkait pembangunan jalan baru di desanya, Desa Pasegeran Kecamatan pandanarum, diungkapkan Triyah (48) warga RT/RW 003 Dusun Kroya, seorang petani teh. Senin (30/7/18).

 Triyah menyatakan, atas nama pribadi dan warga lainnya di desanya, mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada TNI Kodim Banjarnegara dan pemerintah daerah dimana telah menjadikan desanya sebagai sasaran pembangunan melalui TMMD Reguler 102 Banjarnegara tahun 2018 ini.

 “Atas nama pribadi dan warga Pasegeran, saya ucapkan terima kasih, semoga apa yang telah diberikan ini dapat membawa meningkatkan kesejahteraan bagi kami. Meningkatkan hasil panen serta merangsang warga lainnya menjadi lebih bersemangat dalam bertanam teh kembali, karena pengangkutan panen bisa mendekat ke ladang.” ucap Triyah kepada Serda Rusino, anggota Penerangan Kodim 0704 Banjarnegara.

Menurutnya juga, pembangunan jalan beton sepanjang 1,1 kilometer yang merupakan sasaran utama fisik TMMD, memang merupakan impian masyarakat sejak puluhan tahun lamanya. Alasannya, karena lahan perkebunan warga dulu susah dijangkau roda empat, sehingga dalam mengangkut hasil panen ke pembeli menjadi lebih susah dan mahal ongkos kuli pikulnya.

Triyah mengaku, teh basah yang bagus 1 kilogramnya dihargai dua ribu rupiah, sedangkan untuk teh yang kualitasnya jelek seharga 1.800 rupiah/kg. Dalam sebulan bisa dua kali panen di lahan seluas 1/4 hektar miliknya. Jika panen lagi bagus, ladang tersebut bisa menghasilkan 100 kg daun teh. Prospek petani teh inilah yang coba digali oleh Serda Rusino ke masyarakat umum melalui publikasi TMMD Reguler 102, yang mengangkat seluruh kegiatan TMMD maupun aspek masyarakat sasarannya.(*/Pendim0704/BNA)

Baca Juga :  Tentara Datang, Anak-anak pun Senang