Petugas Temukan Ini Saat Sidak di Lapas Pajangan

419

KORANBERNAS.ID — Paska penangkapan kepala LP Sukamiskin oleh petugas KPK beberapa waktu lalu,Kementerian Hukum dan HAM melakukan revitalisasi terhadap semua Lapas atau Rumah Tahanan (Rutan) seluruh Indonesia.

Diantaranyadilakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke semua Lapas atau Rutan tadi pada Senin (23/07/2018) menjelang tengah malam termasuk di Rumah Tahanan (Rutan) kelas IIB Bantul yang berada di Desa Guwosari, Pajangan.

Menjelangtengah malam petugas tiba di lokasi rutan untuk kemudian melakukan pemeriksaan ke semua blok ataupun sel dan membongkar barang-barang milik warga binaan.Petugas menyasar barang-barang terlarang seperti Narkotika dan obat-obatan terlarang, sajam,senjata api dan telpon seluler. Petugas juga mengecek semua kondisi sel , guna memastikan tidak ada fasilitas mewah di tempat tersebut.

Hasilnya untuk Rutan IIB Bantul tidak ditemukan fasilitas atau sel mewah dan tidak ditemukan pula  barang terlarang yang dibawa warga binaan ke dalam Rutan.Hanya ditemukan baterai,korek dan alat cukur kumis.”

Sebanyak 148  warga binaan tertib dan tidak melakukan pelanggaran berdasarkan hasil sidak tadi,”kata Kepala Rutan IIB Bantul,Soleh Joko Sutopo.Amd.IP.SH.MH kepada koranbernas.id usai sidak.

Namun demikian hal tersebut tidak membuat pihaknya berpuas diri.Namun bersama dengan para petugas ataupun sipir sebanyak  35 orang,mereka selalu melakukan pembinaan kepada penghuni Lapas agar mematuhi segala aturan yang ada.Termasuk diberikan bekal keagamaan,bekal keterampilan hidup (life skill) yang kelak akan bermanfaat ketika mereka keluar Lapas dan kembali ke masyarakat.

Misalnya berkebun, budidaya lele, pertukangan, cuci motor, budidaya tanaman hias dan belajar bartender ataupun coffe shop.

“Harapan kami ketika warga binaan ini bebas bisa kembali ke tengah masyarakat,mereka bisa berwira usaha untuk masa depannya,”kata Soleh. (yve)