PGRI Gondangrejo Ziarahi Makam Pejuang Guru

394
Anggota PGRI Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar berfoto bersama kedua orang tua dari almarhum Sulistiyo. (prasetiyo/koranbernas.id) 

KORANBERNAS.ID — Sebanyak 50 guru dari PGRI Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar Jawa-Tengah, Sabtu (16/12/2017),  melakukan ziarah ke makam  almarhum Sulistiyo, di wilayah  RT 01/RW 05, Desa Kalitengah Kecamatan Purwanegara Banjarnegara.

Semasa hidupnya, Sulistiyo adalah Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI). Kegiatan ini  merupakan rangkaian peringatan Hari Guru Nasional dan HUT ke-72 PGRI tingkat Kecamatan Gondangrejo.

Ketua PGRI Gondangrejo, Mulyono SPd, memberikan tali asih kepada kedua orang tua almarhum, yang diterima Suwito, ayah kandung almarhum Sulistiyo.

Ikut menyertai kunjungan ziarah kali ini, Kepala Unit Pelaksana Teknis Pendidikan Usia Dini, Non Formal Informal, dan Sekolah Dasar (UPT PUD, NFI dan SD) Kecamatan Gondangrejo,Yayuk Kristiningsih SPd MPd.

Ketua PGRI Gondangrejo Mulyono mengatakan, ziarah ini untuk mengenang pejuang guru di era modern, Sulistiyo. “Kami mengenang sekaligus memberikan inspirasi kepada para guru, bahwa dari Banjarnegara, daerah yang terpencil, lahir tokoh nasional yang sangat disegani para guru di seluruh Indonesia,” katanya.

Sebelum wafat, Sulistiyo merupakan anggota DPD RI dari PGRI yang sangat memperjuangkan nasib guru atau pendidikan di tingkat nasional bersama lembaga terkait.

Sulistyo meninggal dunia pada Senin (14/03/2016) saat menjalani terapi di Rumah Sakit Angkatan Laut dr Mintohardjo akibat kebakaran Gedung Ruang Udara Bertekanan Tinggi (RUBT).

Kebakaran diduga terjadi akibat arus pendek listrik yang menimbulkan percikan api sehingga terjadi ledakan dan kebakaran.

Suwito, ayah kandung dari almarhum Sulistiyo mengaku senang dengan kehadiran para guru dari Kecamatan Gondangrejo Karanganyar untuk berziarah. Baginya, banyaknya guru yang berziarah ke makam putranya sedikit mengobati rasa dukanya.

“Saya senang kalau ada guru yang mampir berziarah. Semoga menjadikan amal ibadah anak saya diterima Allah,” katanya. Seusai ziarah, rombongan dari PGRI Gondangrejo mengadakan wisata ke pemandian air hangat Guci Tegal. (sol)