“Pilgub Jateng….Becik Tur Nyenengke!”

143
Divisi Parmas dan SDM KPU Purbalingga, Sukhedi saat melakukan sosialisasi Pilgub Jateng di acara lomba burung berkicau di Desa Rabak, Kecamatan Kalimanah, Purbalingga, Minggu (18/3/2018).(prasetiyo/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Sebanyak 700 penggemar burung berkicau atau kicau mania se-Barlingmascakeb (Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap dan Kebumen), Minggu (18/3/2018), berkumpul di Desa Rabak, Kecamatan Kalimanah,Purbalingga. Mereka menggelar lomba yang diprakarsai oleh Lentera Bird Club Feat – Sedulur Peksi Sejagad (BCF SPS) Purbalingga.

Yang menarik dari lomba ini, sebelum burung digantang atau dinaikkan ke tiang, di bawah komando salah seorang panitia, diteriakkan yel-yel untuk sosialisasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng terlebih dulu.

“Ayo kita teriakkan dulu yel-yel Pilgub Jateng. Nanti dijawab, Becik Tur Nyenengke,kemudian burung dinaikkan ke tiang gantangan. Oke?” ajak Divisi Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (Parmas dan SDM) Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kalimanah, Resty.

Dan setelah sejumlah peserta lomba burung berkicau siap dengan burung yang di dalam sangkar di bawah tiang, komando untuk meneriakkan yel-yel pun dimulai.

“Pilgub Jateng…….!,” seru Resty.

Dijawab serempak oleh peserta: “Becik tur nyenengke!” Dan puluhan sangkar berisi burung-burung yang dilombakan pun segera naik ke tiang gantangan. Tepuk tangan riuh menggema, menyemangati saat para peserta menaikkan burung ke ujung tiang.

Ya, itulah gambaran saat berlangsung lomba kucay atau kicau burung dengan berbagai kategori di Desa Rabak. Berbagai jenis burung dilombakan dalam kesempatan ini, di antaranya ada burung Murai Batu, Ijoan, Love Bird, Branjangan, Kacer, Trucukan, Kenari, Prenjak dan sebagainya. Lomba ini memperebutkan hadiah empat ekor kambing dan 10 ekor ayam, serta berbagai door prize menarik.

Divisi Parmas dan SDM Komisi Pemilihan Umum (KPU)Purbalingga, Sukhedi, yang hadir dalam kesempatan itu,ikut memberikan sosialisasi Pilgub Jateng yang hari H pemungutan suaranya akan dilaksanakan pada Rabu Pon, 27 Juni 2018 atau kurang 100 hari lagi.

“Bapak ibu saudara peserta lomba burung berkicau yang sudah memiliki hak pilih, jangan lupa Rabu Pon 27 Juni 2018 ramai-ramai datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) nggih. Bawa C6, KTP Elektronik atau Surat Keterangan bagi yang belum memiliki KTP Elektronik,” ujar Sukhedi.

Sukhedi juga mengajak kepada peserta lomba itu, untuk mengenali dan memahami Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng. Yakni Paslon nomor satu, H Ganjar Pranowo berpasangan dengan H Taj Yasin, dan Paslon nomor dua Sudirman Said berpasangan dengan Hj Ida Fauziyah.

“Bapak, ibu saudara semua, pilihlah atas pertimbangan dan keputusan sendiri tanpa pengaruh orang lain atau pihak lain. Jangan memilih karena paksaan atau iming-iming materi,” tandas Sukhedi. (yve)