Kegiatan PKS di Kulonprogo. (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Polres Kulonprogo menyelenggarakan Lomba Patroli Keamanan Sekolah (PKS), antar kecamatan se-Kulonprogo tingkat SLTP, Selasa (5/9/2017). Kapolres Kulonprogo AKBP Irfan Rifai mengatakan,kegiatan itu diharapkan dapat membentuk karakter generasi muda, khususnya mengenai kedisiplinan.

“Kegiatan pks selama ini dkaui sempat vakum beberapa waktu.Sekarang coba digelorakan lagi. Lomba ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat mereka yang baru dibentuk,” ujar Irfan.

Dikatakan, sebelum mengikuti lomba mereka dilatih beberapa hal. Mereka dibekali dengan pengetahuan mengenai bahaya narkoba dan kenakalan remaja. Sesuai dengan tugas PKS di lingkungan sekolah.

Menurut Kapolres, kegiatan PKS lainnya juga diajarkan seperti latihan baris-berbaris untuk membentuk kedisiplinan dan kekompakan. Kemudian diajarkan berbagai gerakan pengaturan lalu lintas yang biasanya diterapkan untuk di lingkungan sekolah masing-masing.

“Pembentukan karakter ini sangat penting, apalagi dengan perkembangan situasi keamanan yang rentan radikalisme dan intoleran,” imbuh Irfan.

Kasat Lantas Polres Kulonprogo, AKP Maryanto mengungkapkan, Lomba PKS menjadi bagian dari rangkaian acara peringatan Hari Ulang Tahun Polisi Lalu Lintas yang jatuh pada 22 September mendatang.

“Selama ini, PKS menjadi kegiatan yang dilaksanakan dengan pendampingan dari Satlantas,” ujarnya.

Hasil lomba yang terbaik akan diikutsertakan dalam lomba tingkat Polda DIY yang dilaksanakan Kamis (14/9) mendatang. (yve)