PKS Daftarkan 45 Caleg

434

KORANBERNAS.ID — DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Bantul mendaftarkan 45 orang Calon Legislatifnya ke Kantor KPU Bantul, Senin (16/07/2018) sore. Penyerahan berkas dipimpin oleh Ketua DPD PKS Bantul, Amir Syarifudin dengan didampingi para pengurus partai, Caleg dan juga anggota FPKS DPRD Bantul.

“Untuk Caleg setiap partai maksimal bisa mengajukan 45 orang sesuai dengan jumlah kursi di DPRD Bantul. Dan kami mengajukan caleg dengan jumlah maksimal tadi,” kata Amir kepada koranbernas.id seusai pendaftaran. Dari jumlah tersebut untuk Caleg perempuan mencapai 43 persen atau diatas ketentuan perundangan yang mensyaratkan jumlah

caleg perempuan yang didaftarkan adalah 30 persen. Sebagian dari yang mendaftar sebagai Caleg adalah incumbent atau pertahana dan lainnya wajah  baru.

“ Untuk caleg perempuan ini kita tempatkan di urutan 1 dan ada 2 ataupun nomor 3 di setiap daerah Pemilihan (Dapil),” kata Amir yang juga anggota komisi A DPRD Bantul tersebut.

Baca Juga :  Didi Kempot Terima Penghargaan dari Stipram

Kader yang dipilih uintuk maju dalam pertarungan Pileg 2019 menurut Amir adalah kader yang siap untuk bekerja keras mengingat kondisi ekonomi saat ini. Hal itu juga berdasarkan survey dan hasil penjaringan aspirasi ke masyarakat, bahwa mereka membutuhkan caleg yang mau bekerja secara bersungguh-sungguh sebagai wakilnya untuk kepentingan rakyat yang diwakilinya.

“Dan pada Pileg mendatang kami targetkan semua Dapil di Bantul (enam Dapil,red) bisa ada wakilnya. Jumlah ini naik dari jumlah kursi Pileg 2014 sebanyak 4 kursi untuk DPRD Bantul,” katanya.

Selain Caleg untuk DPRD Bantul, ada dua nama incumbent yang maju ke pencalegan DPRD DIY yakni dirinya sendiri serta sekretaris  DPD PKS Bantul, H Setiya yang  saat ini duduk di komisi B DPRD Bantul.

Sementara itu Ketua KPU Bantul M Johan Komara mengatakan untuk masa pendaftaran Caleg tanggal 4 hingga 17 Juli atau dua minggu.

Baca Juga :  Blangkon Kreasi Karya Santri Diminati

“Hingga Senin (16/07/2018)  saat kita tutup pendaftaran jumlah partai yang mendaftar ada tiga. Selain PKS ada juga Partai Nasdem dan PSI,” kata Johan Komara.

Diperkirakan partai lain akan memanfaatkan hari pendafaran terakhir, Selasa (17/07/2018)  hari ini. (yve)

Daerah Pemiliham (Dapil) Bantul

Dapil satu (Bantul dan Sewon)              : 8 kursi

Dapil dua (Banguntapan dan Piyungan):8 kursi

Dapil tiga (Dlingo, Imogiri,Pleret)           :7 kursi

Dapil empat (Bambanglipuro,Jetis,Kretek dan Pundong):8 kursi

Dapil lima (Sanden,Pandak,Pajangan,srandakan): 7 kursi

Dapil enam (Kasihan dan Sedayu)                          : 7 kursi

Total 45 kursi, jumlah penduduk 931.356 jiwa

sumber: KPU Kabupaten Bantul