Plaza Ambarrukmo Gelar Perayaan Imlek Empat Negara

195
Tari Buchaechum memeriahkan perayaan imlek yang digelar di Plaza Ambarrukmo Yogyakarta. (istimewa)

KORANBERNAS.ID – Selama enam hari dimulai Kamis hingga Senin (15-19/02/2018), Plaza Ambarrukmo Yogyakarta menggelar event Imlek bertajuk Fourtune History. Acara tersebut berlangsung di atrium Plaza Ambarrukmo, lantai dasar.

Public Relation Plaza Ambarrukmo, Wahyu Hidayati, menyampaikan Fourtune History mengangkat tema empat negara yaitu Korea, China, Jepang dan Thailand.

Acara itu dikemas menarik dengan konsep dekorasi khas imlek mulai dari gate, booth, stage serta patung Anjing Tanah sebagai simbol perayaan imlek tahun ini.

Pengunjung dimanjakan dengan berbagai konten acara menarik mulai dari Chinese Performance, rangkaian workshop edukatif, ragam lomba serta  oriental asesoris bazar.

Oriental Carnival (Chinese Lunar Tradition) yang digelar hari pertama dimeriahkan Oriental Cheerleader Championsip. Acara ini dibuka dengan penampilan puluhan tim cheerleader dari SMA 8 Yogyakarta.

Sedangkan Oriental Kids Modeling Competition menambah kemeriahan rangkaian event imlek pada Jumat hari  kedua dengan dua kategori peserta yakni Kategori A (4 -7 tahun) dan Kategori B (usia 8-12 tahun).

Pengunjung juga dapat menyaksikan performance istimewa di antaranya Mini Championship Wushu, Tari Seribu Tangan, Shu Fa/Kaligrafi, Chinese Drum, serta ragam Tarian Oriental hasil kerja sama dengan sekolah Budi Utama.

Baca Juga :  Jokowi Jadi Rebutan Ribuan Orang

The Story of Shibuya atau Hachiko Dog Story dalam rangkaian event Imlek di Plaza Ambarrukmo, menampilkan Oriental Dog Showcase pada 17 Februari 2018 di Alun-alun Royal Ambarrukmo.

Selain menjadi wadah komunitas pecinta anjing untuk meet up bersama, dalam kesempatan ini puluhan anjing dari berbagai jenis ras mengenakan kostum tema imlek yang lucu dan menarik.

Pada dog showcase ini nantinya dipilih tiga pemenang terbaik dari kostum paling menarik, most cooperative dog, dengan hadiah total jutaan rupiah.

“Pengunjung juga dapat melihat Landmark Hachiko Statue yang ada di atrium utama sebagai salah satu benang merah perayaan tema imlek kali ini,” kata Wahyu Hidayati.

Berikutnya, Seollal Festival atau Korean Lunar Tradition pada 15 Februari dimeriahkan Pop cover dance competition diikuti puluhan tim peserta. Mereka menampilkan tarian K-Pop khas dari boyband/girlband kenamaan Korea.

Piolin performance melengkapi kemeriahan perayaan imlek di Plaza Ambarrukmo. (istimewa)

Selain itu, pengunjung juga dapat menyaksikan Native Art Perform of East Asia dengan ragam perform seperti Buchaechum Dance (15 Februari), Hansamchum Dance (15 Februari), Thousand Hand Dance (18 Februari) dan Oriental Drum Performance pada 18 Februari.

Baca Juga :  Hadapi Ujian, Siswa Belajar Malam Hari

Sedangkan Yaowarat Market atau Thailand Lunar Tradition menggambarkan satu area China Town di Bangkok Thailand, dengan menyajikan wisata belanja dan ragam pernak-pernik oriental.

Konsep ini dituangkan dalam kemasan bazar oriental asesoris  berlokasi di atrium selama pelaksanaan event Imlek, 14 -19 Februari 2018.

Berbagai konten event kali ini semakin lengkap dengan adanya Chinese Workshop yakni Embroidery Workshop, Stencil Printing Workshop dan Terrarium Workshop, 15- 17 Februari 2018 pukul 14:00.

Workshop ini merupakan hasil kerja sama Plaza Ambarrukmo dengan WKWK Project.

Selain workshop kreatif, pengunjung juga dapat menikmati Oriental food blessing, Roaster Duck dari The Duck King Jogja & Oriental Porridge dari Ta Wan serta menyaksikan special performance Barongsai tonggak & Acrobatic Lion Dance performance pada 16 & 18 Februari 2018 mulai pukul 10:00. (sol)