PNS Kaget, Gaji Dipotong Rata-rata Rp 20.000

184
Kabupaten Kebumen

KORANBERNAS.ID–Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kebumen terkejut.  ketika mengetahui ada  pemotongan  gaji yang cukup besar untuk  sumbangan  Bulan Dana PMI tahun 2017. Pemotongan gaji di bulan Agustus  2017, sebesar Rp 20.000 per PNS. Sehingga nilai yang terkumpul mencapai sekitar Rp 200 jutaan.

Informasi yang diperoleh koranbernas.id,  Jumat (04/08/2017), PNS umumnya mengetahui ada pemotongan gaji antara Rp 20.000 – Rp 25.000. Ini terlihat dari struk  pemberitahuan pembayaran  gaji dan potongan rutin.

Di bukti pemberitahuan itu muncul adanya potongan untuk sumbangan Bulan Dana PMI tahun 2017.   Pemotongan gaji untuk sumbangan Bulan Dana PMI ini, dilakukan tanpa informasi terlebih dulu ke PNS. Mereka baru tahu, ada pemotongan gaji, setelah gaji mereka ditransfer melalui bank yang ditunjuk.

Baca Juga :  Ingin Lihat Ibu Pengabdi Setan ? Ke Margamukti Saja

“Diberi bukti sumbangan nilainya Rp 20.000,“ kata seorang PNS golongan III yang enggan disebut identitasnya.

Menurut PNS ini, mestinya sebelum ada pemotongan gaji untuk menyumbang, ada akad/pernyataan  terlebih dahulu dari pemilik gaji kepada panitia Bulan Dana PMI Cabang Kebumen.  Selama ini tidak pernah ada surat  edaran ataupun imbauan PNS menyumbang.

PNS juga mengaku tidak mempersoalkan besaran nilai sumbangannya. Asalkan pemotongan gaji untuk sumbangan itu dilakukan melalui prosedur yang benar dan sah, serta besarannya menyesuaikan keikhlasan dan tidak pukul rata.

Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan Aset Daerah Kebumen Woro Dyah Palupi yang dikonfirmasi mengakui tidak pernah memerintahkan stafnya untuk memotong gaji PNS, sebelum mentransfer uang ke rekening pemilik gaji untuk keperluan sumbangan Bulan Dana PMI tahun 2017.  Dia juga tidak mengetahui siapa yang mengumpulkan  sumbangan yang bersumber dari  pemotongan gaji PNS

Baca Juga :  Bantul Promosi Wisata ke Jabar

Terpisah, pengurus PMI Cabang Kebumen Kusbiyantoro, SMK M.Kes,mengakui ada kesalahan prosedur dalam menghimpun sumbangan dari PNS. Mestinya, sumbangan itu langsung diserahkan penyumbang.

Namun ada kebijakan Kepala Organisasi  Perangkat  Daerah, agar mekanisme penarikaan sumbangan ini diserahkan bendahara gaji. Dasar untuk menghimpun  sumbangan, Surat Keputusan Bupati  Kebumen tentang Bulan Dana  PMI Kabupaten Kebumen  tahun 2017. (sm)