Pohon Berdiameter Dua meter Melintang Jalan, Lalin Macet 1,5 Jam

124
Pohon Kesambi yang tumbang dan melintang jalan Wonosari-Karangmojo, tepatnya wilayah Desa Ngipak Kecamatan Karangmojo, Kamis (16/11/2017) sore. (St Aryono/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID–Hujan deras disertai angin, menyebabkan pohon Kesambi berdiameter 2 meter, ambruk. Ambruknya pohon yang akarnya sudah lapuk ini menyebabkan arus lalu lintas Wonosari – Karangmojo, tepatnya Dusun Ngipak 1 Desa Ngipak Kecamatan Karngmojo, sempat macet beberapa saat.

Dalam kejadian Kamis (16/11/2017) sore ini tidak ada korban jiwa, namun arus listrik kawasan Karangmojo dan sekitarnya sempat mati, karena ambruknya pohon ini sempat menimpa jaringan listrik tegangan tinggi.

Susanto, salah satu anggota TRC BPBD Gunungkidul ketika dikonfirmasi disela-sela evakuasi pohon yang ambruk ini menjelaskan, peristiwa ini berawal hujan dan disertai angin.

“Hujannya tidak terlalu deras dan anginnya juga tidak terlalu kencang, namun karena akar pohon sebagian sudah lapuk sehingga langsung ambruk,” jelasnya.

Baca Juga :  Sikomen Mudahkan Provider Lacak Zonasi Menara

Jalur ini, disebutkan setiap harinya padat dengan pengguna jalan. Tapi saat kejadian, kebetulan arus lalulintas di lokasi justru sepi.

“Ketika pohon ambruk suasana jalan sedang sepi, padahal posisi ambruknya pohon melintang jalan,” tambahnya.

Pohon yang melintang jalan, segera disingkirkan bersama warga dibantu petugas Polsek dan puluhan warga setempat. Cepatnya penanganan arus lalu lintas yang sempat macet total hampir 1,5 jam, kembali normal.

Terpisah, Kspk Polsek Karangmojo, Aiptu Sumarno menambahkan kejadian ini mendorong pihaknya untuk melakukan imbauan pada warga meningkatkan kewaspadaan utamanya pohon yang rawan tumbang, untuk di tebang atau dikurangi dahan dan rantingnya, sehingga mengurangi resiko ambruk jika ada angin kencang. (SM)

Baca Juga :  Sinta Bakal Jadi Tolok Ukur Tunjangan Dosen