Polisi Amankan Kontainer tanpa Dokumen

64
Polres Bantul mengamankan empat kontainer tanpa dokumen yang diduga akan dikirim ke luar negeri. (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Jajaran Satreskrim Polres Bantul saat ini sedang mengembangkan dugaan pengiriman barang ke luar negeri tanpa dokumen. Ini merupakan pengembangan dari diamankannya empat  kontainer di seputar Ring Road kawasan UMY Kasihan Bantul pada 30 Agustus silam.

Saat empat kontainer itu dihentikan dan diperiksa, kru tidak bisa menunjukkan dokumen resmi pengiriman barang seperti yang dipersyaratkan. Tidak diketahui negara mana yang dituju ataupun pihak penerimanya.

Tidak juga ada identitas dari sang pengirim. Saat ditanya kru kontiner mengatakan muatan mereka berisi 24 sepeda motor, dua truk, empat mobil pikup  serta satu unit mobil Avanza, akan dibawa ke pelabuhan Semarang untuk selanjutnya diselundupkan ke luar negeri.

Kasat Reskrim Polres Bantul AKP Rudy Prabowo SIK mengatakan hingga kini pihaknya terus melakukan penyelidikan dan pengembangan kasus tersebut. Tersangka belum ada. “Karena memang  tidak ada dokumen apapun dalam pengiriman,” kata AKP Rudy kepada koranbernas.id, Selasa (25/09/2018) siang.

Baca Juga :  Wanita Harus Jadi Tiang

Pihak kepolisian juga  belum mendapatkan titik terang identitas pihak yang bertanggung jawab dalam kasus tersebut.

Sepeda motor yang diduga akan diselundupkan ke luar negeri. (istimewa)

Saat pers rilis, Wakapolres Bantul Kompol Ahmad Nanang Wibowo SIK MH mengatakan sudah ada 11 saksi yang diperiksa dalam kasus itu. “Memang tersangka belum ada. Kami akan terus dalami kasus ini,” kata Wakapolres.

Kejadian ini sendiri berawal dari kecurigaan petugas  setelah mendapat laporan warga di Jalan Imogiri Barat Desa Bangunharjo Kecamatan Sewon sering ada bongkar muat barang. “Informasi tersebut kemudian ditindaklanjuti dengan penyelidikan dan pengintaian sekitar gudang,” kata Wakapolres.

Pada 30 Agustus lalu  terlihat empat kontainer keluar dari gudang dengan kecepatan tinggi. Petugas segera membuntuti dan menghadang di Ring Road Selatan UMY. Semua barang bukti (BB) berikut kontianer tersebut dibawa ke Mapolres Bantul untuk penyelidikan lebih lanjut.

Baca Juga :  Ratusan Perangkat Desa Geruduk Istana Negara

Hasil pemeriksaan sementara, setidaknya pengiriman dari gudang  selama ini  sudah 30 kontainer ke luar negeri. Seminggu setidaknya gudang mengirim dua kontainer.

Setelah penangkapan, gudang tempat pemberangkatan di Jalan Imogiri Barat mendadak sepi. Tidak ada barang satu pun yang didapati petugas. Begitu pun tidak ada pemilik gudang berada di tempat tersebut. (sol)