Polisi  Amankan Pemakai Narkoba

159
Tersangka pemakai narkoba diamankan beserta barang bukti. (endri yarsana/koranbernas.id)

KORANBERNAS – Satuan Sabara Polres Temanggung kembali berhasil menangkap seorang laki-laki pemakai narkoba jenis sabu-sabu berinisial EBP (46), di Desa Walitelon Kecamatan Temanggung.

Tertangkapnya EBP berawal dari informasi masyarakat, mengenai adanya peredaran dan penyalahgunaan narkotika jenis sabu.

Polisi selanjutnya mengintai tersangka. Melalui tahapan penyelidikan, anggota Polres Temanggung menangkap EBP beberapa hari lalu, di Jalan Dusun Sendang Desa Walitelon Temanggung.

Tersangka diamankan beserta barang bukti Narkotika jenis Sabu dengan berat kotor 0,47 gram, satu unit sepeda motor Honda Beat dengan nomor polisi AA-6921YN berwarna hitam, satu unit HP merk Xiaomi  serta satu lembar kertas bukti transfer ATM bank.

Dalam keterangan pers di Aula Mapolres Temanggung, Senin (04/12/2017), tersangka mengaku sudah mengkonsumsi Narkotika jenis sabu selama lima bulan terakhir. Barang itu dibeli dengan cara transfer uang ke pemilik sabu tersebut.

Baca Juga :  Mahasiswa Harus Mau Belanja di Pasar Tradisional

Wakapolres Temanggung Kompol Prawoko mengatakan, tersangka menderita penyakit diabetes. Dengan mengkonsumsi sabu tersangka beranggapan badan akan terasa segar.

“Yang dilakukan tersangka itu sebetulnya  salah, karena Narkoba itu akan mempercepat sel-sel atau organ- organ kita akan segera berakhir  ataupun malah memperparah penyakit yang dia derita,”  terang Prawoko.

Tersangka dijerat pasal 114 ayat (1), subsider pasal 127 ayat (1) huruf a Undang-undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman hukuman pidana penjara paling singkat 4 tahun dan paling lama 12 tahun dan pidana denda paling sedikit Rp 800 juta dan paling banyak Rp 8 miliar. (sol)