Polisi dan Satpol PP Harus Tegas Tegakkan Aturan

156
Raker Komisi A DPRD DIY dengan Polda DIY dan Satpol PP DIY, Senin (08/01/2018). (istimewa)

KORANBERNAS.ID – Komisi A DPRD DIY mendukung aparat kepolisian maupun Satpol PP untuk tegas menegakkan aturan khususnya terkait dengan lalu lintas maupun fasilitas publik. Ini penting supaya Yogyakarta sebagai Kota Wisata tidak semrawut sehingga tidak ditinggalkan oleh wisatawan.

Hal itu mengemuka pada Rapat Kerja (Raker) Komisi A DPRD DIY dengan jajaran Polda DIY dan Satpol PP DIY, Senin (08/01/2018).

“Penegakan hukum oleh kepolisian perlu dilakukan dengan sungguh-sungguh agar bisa menciptakan ketertiban di jalan raya,” ungkap Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY.

Didampingi wakilnya, Sukarman, serta anggota Komisi A lainnya lebih jauh Eko menyatakan pelanggaran harus ditekan agar Jogja tertib dan taat hukum.

“Ada harapan agar ada langkah bersama Polri,  Pemda dan masyarakat agar beragam pelanggaran bisa ada penindakan, ” kata dia.

Rapat kerja kali ini dihadiri Dirlantas Polda DIY Kombes Pol Latif Usman beserta jajaran pejabat Polda DIY serta unsur pimpinan Satpol PP DIY.

Data kecelakaan yang dipresentasikan Dirlantas Polda DIY di Komisi A DPRD DIY. (istimewa)

Eko Suwanto mengatakan, masih ada sejumlah pelanggaran atas tertib di jalan raya,  angka kecelakaan di jalan serta keluhan kemacetan tatkala puncak kunjungan wisatawan ke DIY. Inilah pentingnya edukasi bagi masyarakat tentang tertib berlalu lintas dan taat hukum.

“Langkah peningkatan sosialiasi terhadap peraturan yang ada perlu dilaksanakan bersama, antara pemda dan kepolisian, ” kata Eko Suwanto.

Untuk menciptakan tertib di jalan,  Komisi A DPRD DIY memberikan dukungan tindakan tegas Polri dalam penegakan hukum.

Perbaikan infrastruktur termasuk mengintegrasikan jaringan CCTV yang dikelola Pemda dan Polri didukung. “Ke depan,  jaringan internet harus dikembangkan dan diperbanyak CCTV, menghidupkan kembali patroli keamanan sekolah dan siskamling harus kita giatkan,” kata Eko Suwanto. (sol)