Polisi Datangi Poskamling Ajak Warga Berdialog

170
Kasubdit Bin Polmas Polda DIY, AKBP Dwi Astuti, berdialog dengan warga yang melaksanakan ronda di Poskamling, Kamis (22/03/2018) malam. (sri widodo/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID – Jajaran Polda DIY dan Polres Kulonprogo, Kamis (22/03/2018), melaksanakan kunjungan ke Poskamling di Wates Kulonprogo. Dalam satu malam, ada tiga poskamling yang didatangi petugas yaitu Sebokarang Wates, Dobangsan dan Kedungpring Giripeni.

Kasubdit Bin Polmas Polda DIY, AKBP Dwi Astuti, menyatakan  kunjungan tersebut untuk memupuk semangat kebersamaan masyarakat, termasuk kebersamaan menjaga keamanan dan ketenteraman.

Menurut dia, sekarang ini isu SARA dan ujaran kebencian marak bahkan sampai tingkat pedukuhan dan RW serta mengganggu ketenteraman warga. “Untuk mengantisipasi, masyarakat dan aparat harus kerja sama,” ujarnya di Kedungpring jelang tengah malam.

Menurut Dwi Astuti, kegiatan ronda masyarakat DIY sangat bagus. Harapannya masyarakat selalu waspada saling bekerja sama dengan aparat dalam hal ini Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak kepolisian.

Baca Juga :  Lampaui Target, Bulan Dana PMI Rp 1,14 Miliar

Waryanto selaku pengurus RW di Kedungpring menyampaikan warga setiap malam melaksanakan ronda disertai dengan jimpitan koin uang. Setiap 35 hari atau selapan dilaksanakan arisan dihadiri seluruh warga.

“Dalam pertemuan arisan tersebut dilakukan rembug kampung membahas berbagai persoalan. Baik mengenai keamanan maupun berbagai kegiatan pembangunan lainnya. Uang hasil jimpitan ronda digunakan modal berbagai kegiatan,” kata Waryanto yang juga seorang guru ini.

Kasatbinmas Polres Kulonprogo AKP Sumino berpesan kepada warga  agar berhati-hati saat menerima berita yang belum tentu benar. “Sekarang  banyak beredar berita yang dinamakan hoax. Bila mendapat berita seperti itu tidak perlu disebarluaskan,” pintanya. (sol)