Polisi Ikut Bina Ketertiban Siswa, Begini Caranya

313
Bhabinkamtibmas Argomulyo, Sedayu Bripka Ekwan Setiawan SE melakukan kegiatan pos pagi di SMKN 1 Sedayu, Jumat (2/2/2018).(istimewa)

KORANBERNAS.ID — Oknum siswa yang terlambat masuk sekolah di SMKN 1 Sedayu mendapat pembinaan dari Bripka Ekwan Setiawan SE, Bhabinkamtibmas Desa Argomulyo saat kegiatan pos pagi di sekolah tersebut, Jumat (02/02/2018). Bripka Ekwan yang merupakan salah satu personil Satu Sekolah Dua Polisi (SSDP) Polsek Sedayu tersebut bersama Wakasek Bidang Kesiswaan Supriyono dan dua satpam sekolah memeriksa 30 siswa yang diketahui terlambat masuk.

Pemeriksaan meliputi dalam jok motor, kemudian menyasar ke tas dan ransel yang dibawa siswa. Ternyata dari hasil penggeledahan ditemukan beberapa bungkus rokok berbagai merek dari beberapa siswa . Rokok kemudian disita dan dibawa guru pembimbing.

Ada pula siswa yang kedapatan mengecat rambutnya dengan warna merah dan potongan rambutnya tidak mencerminkan seorang pelajar. Ditemukan pula siswa naik motor tidak menggunakan spion serta tidak sesuai kelengkapan lalu lintas alias protolan. Selanjutnya kepada mereka yang melanggar diberikan sanksi teguran tertulis dan juga diminta membuat surat pernyataan untuk tidak mengulangi lagi.

Baca Juga :  Pariwisata Bisa Bernasib Seperti Ikan Louhan

“Saya berharap adik-adik semua tidak mengulangi perbuatan ini. Sehingga sekarang adalah pelanggaran yang pertama dan terakhir bagi kalian,” kata Bripka Ekwan.

Karena masa depan ada di tangan masing-masing siswa, maka bintara polisi ini berpesan agar para siswa bisa belajar dengan baik dan mematuhi aturan yang ada di sekolah.

“Jaga nama baik sekolah dengan berperilaku yang terpuji dan bisa menjadi contoh. Juga pesan saya jaga dan angkatlah harkat martabat orang tua serta jadilah manusia yang tidak menyusahkan orang lain,” ujarnya.

Sementara itu Panit 1 Bhinmas Polsek Sedayu Iptu Agus Supraja SH mengatakan SSDP merupakan program kepolisian. Satu sekolah memiliki dua orang polisi yang ‘mengampu’ dan melakukan pembinaan kepada para siswa. Untuk SMKN 1 Sedayu selain Bripka Ekwan Setiawan juga ada Aiptu Suroyo.

Baca Juga :  Dua Suporter Bola Rusuh

“Mereka melakukan pembinaan dan bekerja sama dengan pihak sekolah guna menciptakan kedisiplinan siswa. Juga bersama-sama melakukan pembinaaan terutama bidang Kamtibmas di lingkungan sekolah,” katanya.(yve)