Polisi Tangkap Anak-anak Muda Pakai Narkoba

175
Kasatresnarkoba Polresta Yogyakarta Kompol Sugeng Riyadi, menunjukkan barang bukti penyalahgunaan narkoba, dalam press release, Selasa (13/03/2018). (rosihan anwar/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID – Selama kurun waktu tiga hari, jajaran Satuan Reskrim (Satres) Narkoba Polresta Yogyakarta berhasil mengamankan 13 orang yang sedang mengonsumsi narkoba.

Empat dari 13 pengguna barang haram itu di antaranya oknum pelajar dan pekerja swasta. Selebihnya oknum mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Yogyakarta.

Kasatresnarkoba Polresta Yogyakarta Kompol Sugeng Riyadi, dalam press release, Selasa (13/03/2018), menuturkan tersangka berinisial NA dan NF ditangkap Senin (06/03/2018) pukul 22:00 di sebuah tempat kos di Jalan Sepakbola Kelurahan Condongcatur Kecamatan Depok Sleman.

Di hari kedua, aparat berhasil mengamankan tiga orang tetapi salah seorang berinisial R dibebaskan karena tidak kedapatan barang bukti dan tidak terlibat.

Dua tersangka yang berinisial MA dan MI tetap diamankan karena kedapatan mengantongi barang bukti jenis tembakau super dan tembakau gorila. “Saat ini keduanya sedang dalam proses penyidikan dan penahanan,” ungkapnya.

Di hari berikutnya di TKP (Tempat Kejadian Perkara) yang ketiga, petugas membekuk AR beserta barang bukti. Dari TKP keempat, kelima dan keenam ada keterkaitan dengan beberapa orang tersebut.

“Pada hari Rabu (07/03/2018) pukul 06:30 di Jalan Mawar wilayah Sleman, kami menangkap AR, dari yang bersangkutan diamankan satu klip tembakau gorila. Ini yang kita amankan di hari Selasa dan Rabu, selanjutnya di hari Kamis TKP keempat, lima, enam, yang bersangkutan ada kaitan sumbernya dari info-info ini yang mengarah kepada beberapa orang tersebut,” paparnya.

Di TKP keempat di wilayah Condongcatur Sleman, tersangka berisinial MI dan MA dibekuk petugas. Mereka kedapatan membawa barang  bukti tiga bungkus plastik klip kecil yang berisi tembakau jenis gorila, kedua tersangka langsung ditahan.

Seorang lagi tersangka berisinal MRH, mengarah ke tersangka kelima diamankan di Gedong Kuning dan mengantongi barang bukti  satu bungkus plastik klip berisi ganja dan kertas pembungkus rokok. Selanjutnya di TKP keenam di Condongcatur, Kamis pukul 22:30.

Kompol Sugeng Riyadi menjelaskan target sebenarnya bukanlah lima orang itu. Sasaran awal yang menjadi buron itu berinisial IC.

“Sebenarnya yang menjadi target bukan lima orang. Kebetulan naas bagi dia, karena yang kami kejar awalnya di atasnya (pengedar) dari kesemuanya itu tadi tersangka yang sudah diamankan tadi dengan inisial IC itu sebenarnya tersangka yang sebenarnya kami buru,” jelasnya.

Sugeng menambahkan kebetulan pada saat ditangkap kelima orang ini yang berisinial F, R, RZ, MM, dan DR sedang melakukan pesta ganja, dan ternyata barang yang mereka gunakan itu milik IC namun yang bersangkutan tidak di tempat. Dari 13 tersangka lima di antaranya diminta untuk dimasukan ke rehabilitasi. (ros)